Jumat , 19 Juli 2019
Home / Ekonomi / Bupati Lotim Buka TMMD ke 105
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 wilayah Kodim 1615 Lombok Timur

Bupati Lotim Buka TMMD ke 105

SELONG, DS-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 wilayah Kodim 1615/Lombok Timur, dibuka secara resmi Bupati H.M.Sukiman Azmy dengan digelarnya apel kesiapan yang ditandai dengan pemukulan beduk. Dengan tema “bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, acara digelar di Lapangan Umum Keruak, Selasa, ( 9/07 ).

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos.,S.H.,M. Han, Bupati Lombok Timur Drs. HM. Sukiman Azmy, MM, Ketua DPRD diwakili okeh Sekwan Agus Hadnan, Spd, Para Kasi, Pasi Korem 162/WB, Para Dan/Ka Satdisjan Korem 162/WB, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Prihanto Donny Pamungkas, S.Sos, Kapolres Lotim AKBP Ida Bagus Winartha, S.I.K, Kajari Lotim, Ketua Pengadilan Agama Lotim, Kabankesbangpol Dagri Lotim, para Danramil Kodim 1615/Lotim, para Staf Ahli, Asisten, unsur OPD Kabupaten Lotim, r Muspika Kec. Keruak, para Kades,Toga, Tomas, dan Todat.

Bupati H.M.Sukiman Azmy selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu yang dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/kota. Operasi Bhakti TNI ini menjadi salah satu upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial serta mewujudkan ketahanan yang tangguh dan memelihara serta meningkatkan kemanuggalan TNI dengan rakyat.

Kata dia, tahun 2019 ini TMMD merupakan pelaksanaan ke-105 sebagai kiprah TNI dalam membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergis dan berkesinambungan. TMMD juga dapat dipandang sebagai upaya melestarikan nilai kemanunggalan TNI-Rakyat sebab TNI memiliki sejarah kedekatan nyata dengan masyarakat.

“Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi salah satu kegiatan fisik TMMD secara nyata mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk mengurangi signifikan jumlah secara RTLH di daerah ini. Dalam lima tahun ke depan ditargetkan jumlah RTLH mencapai 7,94 persen dari posisi 12,02 pada 2018 lalu. Tahun 2019 melalui APBD 2019 Pemerintah Daerah menganggarkan Rp 6,3 milyar lebih untuk peningkatan ketersediaan rumah layak huni.

Pemerintah daerah memiliki keterbatasan anggaran dan sumber daya untuk membangun seluruh wilayah secara bersamaan, sementara tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan tentunya sama di semua wilayah. Karenanya sasaran program TMMD yaitu daerah terisolir dan tertinggal sangat mendukung akselerasi dan pemerataan pembangunan daerah.

Sementara itu Dandim 1615 Lombok Timur, Letkol Inf. Agus Prihanto Donny, selaku Dansatgas TMMD ke-105 dalam laporannya menyampaikan, tugas operasional TMMD Ke-105 TA. 2019 yang dilaksanakan selama 30 hari dalam rangka membantu melaksanakan kegiatan serbuan teritorial untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan terpelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat. Meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah serta meningkatkan program kerja Korem 162/WB TA 2019 bidang teritorial dan rencana kegiatan Kodim 1615/Lotim Tentara Manunggal Membangun Desa ke-105 Kodim 1615/Lotim.

Dijelaskan, latar belakang dilaksanakan TMMD Ke-105 tahun 2019 di Desa Senyiur, Desa Sepit, dan di Desa Selebung wilayah Kecamatan Keruak karena daerah-daerah tersebut merupakan daerah rawan pencurian Hewan ternak, curanmor, serta masih banyaknya rumah masyarakat yang masih kumuh dan tidak layak huni. Selain itu, “untuk membantu Pembangunan imprastruktur berupa perbaikan sarana ibadah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Bupati dan Danrem 162/WB menyerahkan bantuan alat penetas telur yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI kepada Camat Keruak. Selanjutnya Bupati Lombok Timur, Danrem 162/WB beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi Sasaran TMMD.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gempa 6 SR di Bali Dirasakan di Lobar-Mataram, Siswa Dipulangkan

MATARAM, DS – Gempa bumi magnitudo 6 Skala Richter (SR) yang mengguncang Nusa Dua, Bali, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: