Minggu , 22 September 2019
Home / Ekonomi / Belum Diketahui Penyebab Kebakaran di Bukit Nipah
Bupati KLU bersama Gubernur NTB ditengah situasi kebakaran

Belum Diketahui Penyebab Kebakaran di Bukit Nipah

KLU, DS-Kebakaran lahan di kawasan wisata di perbukitan Nipah Dusun Pandanan Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) belum diketahui penyebabnya. Pemda bersama pihak kepolisian kini sedang mencari penyebab kebakaran lahan yang terus meluas hingga mencapai 3 hektar lebih itu. Kendati sebagian besar api berhasil dipadamkan, terdapat beberap titik api yang masih menyala hingga siang hari sekitar pukul 14:00 Wita, Senin (19/8).

Kebakaran Lahan kosong di kawasan widata di perbukitan Nipah terjadi sekitar pukul 14:30 Wita. Dugaan sementara, kebakaran lahan terjadi disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang di lahan kering. Api sempat meluas hingga hingga 3 hektar lebih dan berhasil dipadamkan dini hari sekitar pukul 02:30 Wita.

Selain petugas, warga masyarakat yang khawatir api menjalar ke pemukimannya turut membantu memadamkan api dengan berbekal peralatan seadanya.

“Kita sekarang ini sedang mencari penyebab kebakaran itu. BPBD sedang konsen memadamkan api yang masih menyala di sekitar empat titik. Sedangkan pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran juga,” ujar Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar ditemui awak media. Dikatakannya, penanganan pertama Pemda telah menerjunkan semua personil maupun armada yang dimiliki. Termasuk pihak kepolisian yang berjibaku memadamkan api yang terus menjalar hingga malam hari.

Menurutnya, semua pihak yang telah berusaha turut serta memadamkan api menujukkan semangat kebersamaan bahwa bencana itu harus dihadapi bersama. Terbukti, masyarakat sekitar juga tidak diam melihat situasi kondisi melainkan membantu dengan apapun agar api bisa padam.

“Sekarang polisi sedang melakukan evaluasi apakah penyebab kebakaran itu karena puntung rokok atau ada warga yang membakar lahan,”tuturnya.

Ia mengimbau kepada semua pihak agar waspada dengan cuaca saat ini. Karena, musim kemarau ditambah angin kecang sangat berpotensi kebakaran cepat meluas.

Bupati menyampaikan pihak PLN sempat memadamkan listrik karena sebagai bentuk langkah antisipasi saja. Karena yang lebih dikhawatirkan itu ketika api meluas hingga ke pemukiman warga.

“Ada sekotar 500 orang turut serta membantu. Tidak hanya personil damkar, polres maupun polda bahkan provinsi juga,”sebutnya. “Kedepannya yang kita kedepannya adalah kehati-hatian kita. Kalaupun karena ingin membuka lahan kemudian dengan cara membakarnya maka harus diperhatikan juga karena banyak yang akan dirugikan,”pungkasnya.

Terpisah, Ketua PMI Lombok Utara Endri Susanto mengaku api di kawasan wisata Perbukitan Nipah bisa dipadamkan sekira pukul 02:00 Wita. PMI terlibat membantu menerjunkan puluhan personilnya dan armada tengki air untuk memadamkan api.

“Alhamdulillah karena kerjasam semua pihak api berhasil di padamkan,” tandasnya.man

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur Resmikan Enam Sekolah Bantuan Yayasan Media Group

Lombok Utara,DS – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan enam sekolah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: