Jumat , 28 Februari 2020
Home / Ekonomi / Banyak Warga Terdampak Gempa Belum Cairkan Dana
Danrem cek progres RTG di Lotim

Banyak Warga Terdampak Gempa Belum Cairkan Dana

MATARAM, DS – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani meninjau pembangunan rumah tahan gempa (RTG) di wilayah Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur, Sabtu (18/1).

Meski Lotim masuk daerah tercepat dalam proses rehab rekon di NTB selama ini, persoalan pencairan dana untuk pembangunan RTG tersebut masih ditemui di lapangan. Oleh karena itu, Danrem pun mewarning jajaran pemkab Lotim untuk serius menindak lanjuti persoalan administrasi pencairan dana yang masih dikeluhkan oleh masyarakat tersebut.

“Ingat, limit waktu rehab rekon itu batasnya sampai 31 Maret 2020. Jadi, kalau sampai tanggal tersebut tidak terselesaikan dan terserap, maka dana tersebut harus dikembalikan kepada pemerintah pusat,” ujar Danrem di sela-sela kunjungannya.

Danrem meminta jajaran Pemkab Lotim untuk pro aktif segera membantu pengurusan administrasi warga yang terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu untuk mencairkan dana rehab rekon yang belum dicairkan hingga kini.

“Tidak bisa pemda diam, minimal warga ini dibantu bagaimana cara-cara mempercepat proses administrasinya, sehingga mereka bisa mencairkan dana yang sudah menjadi hak mereka itu,” kata Rizal.

Terkait dengan informasi adanya sebanyak 13 KK yang masih tinggal di hunian sementara (Huntara). Menurut Danrem, hingga kini pihaknya tengah melakukan verifikasi. Selanjutnya, setelah data itu rampung baru anggaran akan dikeluarkan sesuai kebutuhan mereka.”Mudahan minggu depan sudah mulai pencairan dan pembangunan rumahnya,” ucap Rizal.

Dalam kesempatan itu, Danrem mengatakan, program khusus pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) oleh Pemkab Lotim, sejatinya bukan dalam bentuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), namun pembangunan RTLH akan dimasukan dalam program karya bhakti skala besar mencapai sebanyak 4 ribu unit RTLH.

“Program ini sudah dilaporkan dan telah disetujui oleh pimpinan. Sehingga, tinggal kita menunggu eksekusinya,” tandas Danrem. “Pastinya, Korem 162/WB akan membantu sepenuhnya dengan estimasi penggunaan personel dari Kodim Lotim, Yonif 742/SWY dan Denzibang Mataram, khusus pembangunan 4 ribu unit RTLH pada awal tahun 2020 itu,” sambung Rizal. RUL

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Latih Perempuan Mapak Dasan Belajar Sekolah Sampah ke Gelisah Selly Ajak Perempuan Mataram Kreatif Kelola Sampah

MATARAM, DS – Setiap harinya rata-rata volume sampah di Kota Mataram mencapai sekitar 400 ton. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: