Senin , 18 November 2019
Home / Ekonomi / 4.297 RTG Diserahkterimakan kepada Masyarakat Terdampak Gempa KLU
Danrem yang didampingi BPBD NTB, H Ahsanul Khalik, dan Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar saat menghadiri serah terima RTG di Kayangan, KLU

4.297 RTG Diserahkterimakan kepada Masyarakat Terdampak Gempa KLU

KLU, DS – Progres  percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi berupa pembangunan rumah rusak berat terdampak gempa bumi setahun lalu, terpantau terus digenjot jajaran pemda NTB dan aparat TNI setempat. Berbagai upaya untuk mempercepat proses pembangunan rumah tahan gempa (RTG) dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengapresiasi kerja para fasilitator, baik Babinsa maupun sipil untuk menyukseskan pembangunan RTG tersebut. Kata Danrem, mereka adalah pahlawan bagi korban gempa NTB karena perannya sangat dominan mendampingi masyarakat dalam proses rehab rekons saat ini. “Semoga bisa menjadi ladang amal ibadah bagi mereka,” ujarnya saat menyampaikan sambutannya saat penyerahan kunci RTG secara simbolis di dusun Sejongga, desa Kayangan, KLU kepada perwakilan masyarakat desa setempat, Selasa (24/9).

Danrem yang didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD NTB, H Ahsanul Khalik, dan  Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar, mengatakan percepatan rehab rekon rumah jadi di Wilayah Lombok Utara diharapkan  lebih signifikan lagi. Hal ini penting agar  warga bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan baik dan nyaman.

“Termasuk, kita minta juga kerjasama rekan-rekan media untuk membantu menyosialisasikan progress pembangunan RTG kepada masyarakat dengan harapan masyarakat memperoleh informasi-informasi yang real kedepannya,” kata Rizal.

Sementara itu, Bupati KLU H Najmul Akhyar, dalam sambutannya meminta masyarakat yang belum menerima rekening agar bersabar. Sebab,  Pemerintah dan semua pihak masih berusaha dengan memasukkannya kedalam SK 22 sampai 27 sehingga masyarakat dapat mencairkan dana dan membangun rumah sesuai dengan harapan.

“Insya Allah, kami juga terus berjuang bersama pak Danrem dan pak Kalak BPBD NTB agar bagaimana yang belum di SK-kan bisa masuk pada SK selanjutnya. Sehingga, pencairan dananya juga bisa sama kayak warga lainnya,” kata Najmul.

Terpisah, Kalak BPBD Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik, mengucapkan rasa syukur bahwa NTB sudah bisa bangkit kembali. Terkait kekurangan yang belum dari Pemerintah Pusat, menurut Ahsanul Khalik, Pemerintah telah menyiapkan dana sekitar Rp 1 triliun lebih kepada Pemprov NTB.

“Mari kita lupakan kesedihan, kita bangkit bersama dengan saling membantu dan bersinergi baik dengan masyarakat, pendamping, TNI/Polri sehingga semua permasalahan terselesaikan dengan baik,” pungkasnya.

Acara penyerahan kunci juga dilakukan di Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan Lombok Utara dan dihadiri Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, Kasi Intel Korem 162/WB Mayor Inf Hendra Sukmana, Kalak BPBD KLU, Muspika dan Kades setempat, para Fasiltator TNI dan Sipil, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Adapun jumlah rumah yang diserahkan sebanyak 4.297 unit dengan rincian di Kecamatan Bayan sebanyak 1.904 unit dan di Kecamatan Kayangan 2.393 unit. rul.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Capaian 6,26 Persen Ekonomi NTB Lampaui Pertumbuhan Ekonomi Nasional

MATARAM, DS – Pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan III-2019 mengalami trend positif. Tak tanggung, kisaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: