Menu

Mode Gelap

Politik · 7 Des 2017 13:23 WITA ·

Dukungan KTP Ali-Sakti Siap Diverifikasi 


					Pasangan Ali-Sakti saat mendaftar ke KPU NTB melalui jalur independen dalam Pilkada NTB 2018 Perbesar

Pasangan Ali-Sakti saat mendaftar ke KPU NTB melalui jalur independen dalam Pilkada NTB 2018

MATARAM, DS – KPU NTB memastikan akan melakukan verifikasi faktual terhadap sebanyak 314 ribu dukungan yang dinyatakan memenuhi persyaratan dari pengajuan yang telah dikirimkan oleh bakal calon gubernur (Bacagub) H. Ali Bin Dachlan dan TGH. Lalu Gede Sakti selaku bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) yang mendaftar melalui jalur independen pada Pilkada NTB 2018.

Direncanakan, verifikasi faktual akan dilakukan pada tanggal 8 – 25 Desember ini. “Sesuai jadwal, maka pada tanggal 6 – 7 ini dukungan KTP pasangan Ali-Sakti. Yakni sebanyak 314.000 akan kita kirim ke KPU kabupaten/kota sesuai sebaran dukungan,” ujar Komisioner KPU NTB, Yan Marli menjawab wartawan, Rabu (6/12).

Menurutnya, dari total sebanyak 327.000 ribu dukungan KTP yang diserahkan pasangan Ali-Sakti saat mendaftar ke KPU NTB beberapa hari lalu. Justru, dari proses verifikasi administrasi, hanya tersisa 314.000 ribu dukungan yang memenuhi syarat untuk diverifikasi faktual.

Sehingga, dukungan pasangan Ali-Sakti mengalami penyusutan dari semula total jumlah dukungan yang diserahkan dan setelah diverifikasi faktual. Yakni, sebanyak 13 ribu lebih. “Selanjutnya, KPU kabupaten/kota kemudian melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di tingkat desa/kelurahan akan melaksanakan proses verifikasi faktual terhadap dukungan paket Ali-Sakti sesuai sebaran dukungan mereka,” jelas Yan Marli.

Ia mengatakan, proses verifikasi faktual akan dipergunakan melalui metode sensus. Artinya, akan ada petugas akan mendatangi satu per satu mereka yang memberikan dukungan kepada paket Ali-Sakti. “Teknisnya, saat pemeriksaan dan pengecekan akan dilakukan secara by name and by address,” tegas Yan.

Ia menjelaskan, jika ada tiga hal yang diuji dalam verifikasi faktual dukungan tersebut. Yakni, kebenaran nama, kebenaran alamat dan kebenaran dukungan. Dari hasil verifikasi faktual, kemudian menjadi pengesahan bagi paket Ali-Sakti untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah di Pilkada NTB.

Nantinya, kata Yan, apabila dari hasil verifikasi faktual tersebut,  jumlah fotokopi dukungan KTP yang telah diserahkan sebagai syarat dukungan ternyata belum cukup. Maka, pasangan Ali-Sakti harus melengkapi dengan menambah dua kali lipat dari total kekurangan pada saat perbaikan.

“Kita jadwalkan, pengumuman pengesahan peserta calon kada akan dilangsungkan secara bersamaan dengan calon yang maju dari jalur parpol,” tandasnya. fahrul

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Soal Pelayanan Mudik 2022, Puan Maharani Apresiasi Kerja Pemerintah dan TNI-Polri

17 Mei 2022 - 17:11 WITA

Isu Caleg Impor, Mik Sudi : Masyarakat Sudah Cerdas Pilih Wakil Terbukti Kerjanya

17 Mei 2022 - 07:03 WITA

Puan: Waisak Momentum Refleksikan Pentingnya Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

16 Mei 2022 - 17:47 WITA

Penuhi Kriteria Pemimpin, Masinton : Mbak Puan Ditempa Sejarah dan Waktu Sejak Remaja

16 Mei 2022 - 17:44 WITA

PDIP NTB ubah mindset Memakmurkan Masjid dengan Menanam Pohon Buah Produktif

12 Mei 2022 - 16:14 WITA

Masuk Lima Gubernur Berpotensi Maju Pilpres 2024, Miliki Kendaraan PKS, Pangi : Peluang Zulkiefimansyah Terbuka Lebar

10 Mei 2022 - 16:55 WITA

Trending di Politik