Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dua Tahun Sukma, Ketua DPRD Lombok Timur Catatkan Disharmoni Kepemimpinan

189

SELONG, DS – Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan, mengingatkan pimpinan daerah untuk membangun keharmonisan dalam memimpin Lombok Timur.

Hal ini dikatakannya saat dimintai tanggapan terkait perjalanan pemerintahan pasangan Sukiman-Rumaksi (Sukma) yang genap berusia dua tahun tepat pada tanggal 26 September.

“Catatan pertama saya terkait hal ini adalah harmonisasi dulu. Harmonisasi kinerja top leadernya, kebijakannya harus satu suara. Dan harmonisasi OPD. Jangan ada disharmoni. Harmonisasi itu penting,” kata Murnan saat ditemui Selasa (29/09/2020).

Menurut pengamatannya, masih terjadi perebutan wewenang antar OPD. Karena masih mementingkan ego sektoral masing-masing.

Padahal, dalam menangani kompleksitas permasalahan di Lombok Timur, diperlukan sinergitas yang kuat antar pimpinan. Dicontohkannya terkait penanganan permasalahan penyediaan air bersih yang masih tumpang tindih.

“Misalnya persoalan air, itu kan banyak OPD yang menangani. Mestinya kan duduk bersama, selesaikan persoalannya,” harapnya.

Selain itu, pencapaian peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan reformasi birokrasi harus menjadi evaluasi kritis.

Ia menilai, pemerintah daerah belum memperlihatkan progres yang signifikan dalam peningkatan IPM dan reformasi birokrasi.

Perkembangan yang paling nampak dalam dua tahun kepemimpinan pasangan Sukma adalah pembanguan infrastruktur jalan.

“Alhamdulillah masyarakat sudah merasakan akses jalan yang begitu merata. Walaupun belum mencapai angka 80%,” ucapnya.

Diperlukan adanya upaya khusus untuk menangani setiap permasalahan di Lombok Timur. Terutama pada aspek kemiskinan yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Tidak cukup hanya mengandalkan langkah pemeritah pusat melalui PEN (Penanggulangan Ekonomi Nasional).

“Kalau angka kemiskinan dengan gangguan dua badai gempa dan covid ini, saya kira itu juga harus ada upaya tersendiri. Karena secara nasional juga sudah ada PEN,” tandasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.