Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dua Seri Batal, MotoGP Mandalika Berpeluang Gelar MotoGP 2021

74

FOTO. Inilah pengerjaan aspal kelas dunia yang dilakukan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di sirkuit MotoGP Mandalika yang terus dikebut pengerjaanya hingga kini. (FOTO. MGPA/DS).

MATARAM, DS –  Peluang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika Lombok masuk kalender MotoGP 2021, kian terbuka lebar. Dua seri balapan rutin dunia masing-masing di Argentina dan Amerika Serikat terancam batal menggelar event itu pada tahun depan.

Pengelola MotoGP, Dorna Sports, sudah merilis draf kalender musim 2021 dengan 20 seri balapan. MotoGP Indonesia, bersama Portugal dan Rusia, masuk daftar cadangan.

Sirkuit Brno yang menjadi tuan rumah MotoGP Ceko sudah memastikan absen di musim 2021 karena masalah finansial. Kini dua seri, MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat di Texas, dikabarkan terancam batal.

Dikutip dari Speedweek, MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, dalam ancaman setelah kembali meningkatnya kasus positif virus corona di wilayah tersebut dengan munculnya 21.964 kasus baru pada Kamis (17/12). Total sudah ada 25.078 kasus kematian virus corona di Texas.

“Berdasarkan penilaian yang ada, MotoGP Amerika Serikat tidak akan digelar pada [18] April 2021. Dikarenakan pandemi, diyakini tidak ada event besar yang akan mendapat izin hingga saat itu,” tulis Speedweek, Minggu (20/12).

MotoGP Argentina juga diklaim Speedweek dalam ancaman. Pasalnya hingga saat ini promotor di Argentina belum membayar event fee karena ketidakpastian situasi. Jika pembayaran tidak dilakukan hingga Januari 2021, maka balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 11 April mendatang tidak akan terjadi.

Dengan MotoGP Ceko dipastikan batal, ditambah GP Argentina dan Amerika Serikat dalam ancaman, maka ketiga seri cadangan berpeluang masuk kalender 2021, termasuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

“Apakah balapan di luar Eropa bisa digelar pada musim gugur akan ditentukan pada Juni atau Juli. Sirkuit Internasional Mandalika bisa menggantikan posisi event yang batal,” tulis Speedweek.

Meski begitu Speedweek juga menyatakan Dorna Sports sudah memiliki beberapa rencana cadangan. Termasuk menjalani dua balapan beruntun di MotoGP Qatar. Jika itu yang terjadi maka dua slot seri balapan akan diperebutkan Indonesia, Portugal, dan Rusia. RUL.

Draf Kalender MotoGP 2021:

28 Maret MotoGP Qatar (Sirkuit Losail)
11 April MotoGP Argentina (Sirkuit Termas de Rio Hondo)
18 April MotoGP Amerika Serikat (Sirkuit Americas)
02 Mei MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)
16 Mei MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)
30 Mei MotoGP Italia (Sirkuit Mugello)
06 Juni MotoGP Catalunya (Sirkuit Barcelona)
20 Juni MotoGP Jerman (Sirkuit Sachsenring)
27 Juni MotoGP Belanda (Sirkuit Assen)
11 Juli MotoGP Finlandia (Sirkuit Kymiring)

*Antara MotoGP Finlandia dan MotoGP Austria direncanakan ada satu balapan

15 Agustus MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)
29 Agustus MotoGP Inggris (Sirkuit Silverstone)
12 September MotoGP Aragon (Sirkuit Aragon)
19 September MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)
03 Oktober MotoGP Jepang (Sirkuit Motegi)
10 Oktober MotoGP Thailand (Sirkuit Chang)
24 Oktober MotoGP Australia (Sirkuit Phillip Island)
31 Oktober MotoGP Malaysia (Sirkuit Sepang)
14 November MotoGP Valencia (Sirkuit Ricardo Tormo)

Cadangan:

MotoGP Portugal (Sirkuit Algarve)
MotoGP Indonesia (Sirkuit Mandalika)
MotoGP Rusia (Sirkuit Igora)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.