Berbagi Berita Merangkai Cerita

DPP Golkar Minta Paslon Pilkada NTB Cari Parpol Koalisi

535

MATARAM, DS – DPP Partai Golkar mengaku baru menerima tiga usulan pasangan calon (Paslon) kepala daerah yang akan maju dalam kontestasi Pilkada Serentak di NTB pada 9 Desember.

Ketiga paslon itu yakni, pasangan petahana, Indah Damayanti Putri (IDP)-Dahlan di Pilkada Bima. Selanjutnya, pasangan Saifurrahman-Ika Rizky Veryani (Chika) di Kabupaten Dompu dan H. Mohan Roliskana-TGH. Mujiburrahman (Mohan-Mujib) di Kota Mataram.

Korwil DPP Golkar untuk NTB, Hj Sari Yuliati mengaku baru menerima surat penetapan sementara untuk tiga paslon di Pilkada Serentak NTB 2020. Sementara, paslon lainnya di Pilkada KLU, Lombok Tengah, Sumbawa dan KSB belum diajukan usulannya oleh DPD I Partai Golkar NTB. “Khusus, tiga paslon yang sudah kita terima usulan surat tugasnya harus segera bergerak untuk mencari koalisi parpol,” ujar Sari dalam siaran tertulisnya, Senin (22/6).

Menurut Anggota DPR RI dapil Pulau Lombok, pihaknya terus memantau dinamika yang terjadi di lapangan terkait konstalasi politik di masing-masing wilayah NTB.

Sari menuturkan, untuk di kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara masih belum hingga kini, pihaknya masih menunggu hasil survey dari masing-masing kandidat.

“Golkar masih mencermati dinamika tersebut. Yang jelas memang KLU dan Loteng itu, dinamikanya dinamis, maka kita ikuti dinamika itu,” kata Sari.

Terpisah, Ketua Harian DPD I Golkar NTB, H. Misbach Mulyadi mengaku, nama-nama pasangan bakal calon (Balon) di tujuh Pilkada Serentak di NTB sudah diusulkan ke DPP untuk diberikan Surat Keputusan (SK) dukungan.

‘’Kemarin kita sudah rapat DPD I dengan Tim Pilkada untuk menetapkan nama-nama calon yang diusulkan ke DPP. Kita putuskan untuk KLU, Lombok Tengah (Loteng) dan Dompu. Untuk empat daerah yang lain, Mataram, Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Bima sudah lebih dulu,’’ ujarnya.

Adapun nama-nama yang diusulkan itu adalah, untuk Pilkada Loteng, Golkar menetapkan pasangan Pathul Bahri berpasangan dengan Nursiah. Kemudian di Dompu pasangan Saifurrahman-Ika Rizky Veryani (Chika). Kemudian khusus di KLU, Golkar mengusulkan dua pasangan yakni Djohan Sjamsu-Dani dan pasangan Najmul-Suardi.

Sebelumnya arah dukungan Golkar di empat daerah yang sudah diputuskan duluan, yakni pasangan Mohan Roliskana-TGH. Mujiburrahman (Mohan-Mujib) di Mataram. Kemudian di Kabupaten Sumbawa, Golkar mengusulkan pasangan H. Mahmud Abdullah-Dewi Noviani (Mo-Novi).

Selanjutnya, di Kabupaten Sumbawa Barat, dukungan diberikan kepada pasangan petahana, Musyafirin-Fud Syaifuddin. Sedangkan di Kabupaten Bima, Golkar akan kembali mengusung pasangan petahana, Indah Damayanti Putri (IDP)-Dahlan.

‘’Insya Allah nama-nama yang kita usulkan itu akan ditetapkan oleh DPP. Bisa dikatakan sudah final. Kalau secara persentase sudah 99,9 persen dan 0,01 itu ketentuan Tuhan. Kecuali di KLU karena ada dua, kita tidak tahu siapa salah satunya yang akan diputuskan oleh DPP,’’ jelas Misbach.

Semua bakal pasangan calon yang diusulkan itu pun sudah diberikan surat tugas untuk melengkapi persyaratan menjadi calon, seperti partai koalisi. Nanti DPP akan melakukan survei untuk mengukur tingkat elektabilitas masing-masing pasangan calon. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.