Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ditegur Kemensos, Dinsos Lotim Tetap Lanjukan Labelisasi Rumah Miskin

0 38

SELONG,DS- Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Lombok Timur, H. Ahmad, mengatakan pihaknya akan terus melakukan labelisasi rumah bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (Bansos).
Kementerian Sosial (Kemensos) melayangkan Surat Peringatan (SP) kepada Kabupaten Lombok Timur dikarenakan menggunakan istilah ‘keluarga miskin’ dalam pelaksanaanya.

“Kemensos itu tidak menghendaki adanya kata ‘miskin’. Kata ‘miskin’ itu diganti dengan ‘prasejahtera’,” jelas Ahmad.

Namun, menurut Ahmad, penggunaan kata ‘prasejahtera’ tidak akan memberikan dampak psikologis yang besar bagi KPM yang tidak termasuk kategori miskin.

“Mau kata miskin, mau kata apa, yang penting kita akan lakukan labelisasi itu untuk menertibkan data KPM,” tegasnya.

Diakui olehnya, kekurangan anggaran menjadi salah satu hambatan dalam labelisasi rumah KPM. Pihaknya pun telah menyampaikan kebutuhan anggaran tersebut agar dapat dipertimbankan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah – Perubahan (APBD-P).

“Yang sudah dilabelisasi sampai saat ini 5 kecamatan. Tidak sampai 10 % dari KPM yang ada,” tuturnya.

Namun ia menyebut, labelilasi tersebut telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Lombok Timur. Bahkan mendapat apresiasi dari BPS Provinsi tentang progres penurunan kemiskinan yang medapat rengking kedua setelah Kabupaten Lombok Tengah.

“Kami akan lanjutkan. Teguran itu hanya masalah kalimat saja. Bukan tidak boleh melakukan labelisasi,” tegasnya kembali. dd

Leave A Reply