Berbagi Berita Merangkai Cerita

Distribusi JPS Gemilang Tahap II Mataram dan Lobar Tembus 100 Persen

31

Kadis Sosial NTB H. Ahsanul Khalik (kanan) saat mendampingi Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menerima dana CSR dari perwakilan PLN Wilayah NTB

MATARAM, DS- Proses distribusi paket bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang Tahap ke-II yang dilakukan Pemprov NTB pada warga miskin terdampak pandemi Covid-19 terus berjalan hingga kini.
Tercatat, hingga Kamis (11/6) malam, rasio distribusi JPS Gemilang Tahap dua sudah mencapai kisaran 66 persen.

“Alhamdulillah, distribusi JPS Gemilang tahap kedua sejauh ini, cukup cepat dan lancar jika dibandingkan dengan distribusi sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Sosial NTB, H Ahsanul Khalik dalam siaran tertulisnya pada wartawan, Jumat (12/6).

Menurut Ahsanul, total kuota penerima paket JPS Gemilang Tahap II bagi 10 kabupaten/kota di NTB mencapai 110.000 kepala keluarga (KK). Rinciannya, untuk Pulau Lombok, yakni Kota Mataram menyasar sebanyak 2.695 KK, Lombok Barat sebanyak 10.918 KK, Lombok Utara sebanyak 4.079 KK, Lombok Tengah sebanyak 15.997 KK dan Lombok Timur mencapai sebanyak 42.788 KK.

Sementara, untuk Pulau Sumbawa, masing-masing KSB menyasar sebanyak 2.535 KK, Sumbawa sebanyak 6.681 KK, Dompu sebanyak 7.840 KK, Bima sebanyak 14.528 KK dan Kota Bima sebanyak 1.939 KK.
“Untuk distribusi JPS Gemilang yang sudah mencapai 100 persen. Diantaranya, Kota Mataram, Lombok Barat, Sumbawa Barat dan Kota Bima,” kata dia.


Mantan Kalak BPBD NTB itu mengungkapkan, angka raihan 66 persen distribusi JPS Gemilang tahap kedua diperoleh dari rasio distribusi di Lombok Utara yang baru mencapai 83 persen, Sumbawa 77 persen, Lombok Tengah 70 persen, Lombok Timur 61 persen, Dompu 54 persen dan Bima 33 persen.


“Kenapa Kabupaten Bima yang pendistribusiannya masih dibawah 50 persen. Itu memang, adanya pergeseran jadwal. Yakni, jadwalnya baru dimulai,” ucap Ahsanul seraya menuturkan, sejatinya Kabupaten Bima jika merujuk jadwal maka, pendistribusiannya dimulai pada 8 Juni. Namun, lantara ada pergeseran jadwal karena kendala lapangan, maka pelaksanannya baru bisa dimulai pada Rabu (10/6) lalu. “Tapi, meski terlambat. Insya Allah, sebelum batas akhi pada 18 Juni mendatang, semua distribusi JPS Gemilang tahap kedua di Kabupaten Bima sudah tuntas,” tegasnya.


Terkait pendistribusian JPS Gemilang . menurut Ahsanul, dilakukan menggunakan jam kerja, yakni hari Senin hingga Jumat. “Jadi, pada Sabtu dan Minggu tidak ada pendistribusian. Hal ini menyesuaikan, pelayanan di kantor desa yang libur,” tandas Ahsanul Khalik. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.