Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dispora Fasilitasi Pemuda Dapatkan Permodalan

7

SELONG, DS – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Timur memfasilitasi pemuda untuk mendapatkan permodalan dari perbankan. Selaku fasilitator, Dispora akan mempermudah generasi muda Lombok Timur untuk mendapatkan tambahan modal usaha.

Kepala Dispora, Izzudin mengatakan besaran modal yang bisa didapatkan oleh para pemuda berkisar antara Rp. 20 juta – Rp. 50 juta. Pembayaran angsuran pun dapat disesuaikan dengan jenis usaha yang diajukan dalam peminjaman.

“Misalnya usaha di bidang pertanian, biasanya hasil panennya setiap tiga bulan. Maka pembayarannya akan diangsur pada saat panen,” kata dia, Rabu (30/09/2020).

Adapun untuk mekanisme pengajuan pinjaman dapat diakses melalui Dispora, dengan memenuhi persyaratan administratif yang telah ditetapkan. Dipastikan oleh Izzudin, persyaratan administrasi melalui Dispora akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan peminjaman reguler langsung melalui Bank.

“Yang meminjam Rp. 20 juta, cukup hanya menyerahkan rekomendasi dari Dispora. Kalau yang di atas Rp. 20 juta harus memiliki Surat Izin Usaha (SIU),” jelasnya.

Sedangkan terkait detail persyaratan yang dimaksudkan, Ia mengatakan akan mempertemukan para usahawan muda dengan pihak perbankan. Demi memberikan pemahaman secara komprehensif terkait mekanisme peminjaman.

Dalam pertemuan tersebut juga akan dilibatkan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) lainnya. Di antaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Dinas Kesehatan.

“Kita akan kumpulkan mereka untuk mendapatkan penjelasan teknisnya. Administrasinya juga akan kita tinjau apa saja yang dibutuhkan oleh para wirausahawan muda untuk mengajukan permohonan modal,” jelasnya.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Pemda untuk mencetak pemuda produktif dan mandiri serta berguna bagi bangsa dan negara. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.