Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dispar Kukuhkan Pokdarwis Desa Perian

0 167

SELONG,DS-Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur terus bergerak melakukan pembangunan desa wisata. Terlebih, setelah Kabupaten Lombok Timur dianugerahi piagam penghargaan sebagai yang terbaik dalam pengembangan desa wisata oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat baru-baru ini.

Pada Sabtu (8/4) kemarin, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Perian Kecamatan Montong Gading. Kehadiran pokdarwis di masing-masing destinasi wisata atau desa telah mampu mengembangkan konsep desa wisata dengan kekuatan utama berasal dari elemen masyarakat setempat yang akan menggerakkan seluruh aktifitas kepariwisataan sesuai dengan potensi kewilayahan masing-masing.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, H. Hariadi Djoewaeni, sekitar 40 Pokdarwis aktif yang telah dikukuhkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam usaha pengembangan wisata telah menuai hasil positif dalam membantu tugas pemerintah dalam mengupayakan kebangkitan pariwisata Lombok Timur.

Adapun potensi wisata yang dikelola Pokdarwis Desa Perian Kecamatan Montong Gading sebagaimana yang disampaikan ketuanya, Jumaidi, adalah tiga buah air terjun yang sangat menawan yang sudah dikenal masyarakat hingga mancanegara sejak 2010.

Dijelaskannya bahwa keberadaan air terjun-air terjun yang berada di wilayah Desa Perian memang lebih banyak dijual ke masyarakat pariwisata internasional sejak awal pengembangannya. Namun, seiring waktu yang menuntut pengembangan. promo-promo untuk wisatawan lokal dan domestik juga dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Karena itulah, Pokdarwis Desa Perian dibentuk untuk melakukan pengelolaan dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 12 orang.

Selain, menjual keindahan alam berupa air terjun Pengkelep, Terair air dan air terjun 4 susun Treng Wilis yang berada di wilayah hutan Desa Perian yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Pokdarwis Desa Perian juga mengembangkan aneka makanan ringan bergizi hasil kreasi masyarakat setempat. Termasuk, minuman kesehatan lainnya yang berbahan dasar rempah-rempah lokal yang diramu menjadi minuman siap saji yang menyehatkan dan menyegarkan. KRISMA AG

Leave A Reply