Dinkes Lotim Gandeng Ombudsman NTB Sosialisasi Pencegahan Maladministrasi di Layanan Kesehatan

Foto : Dokumen pelayanan di Puskesmas Kotaraja Kecamatan Sikur

Selong,DS – Dinas Kesehatan Lombok Timur bekerjasama dengan Ombudsman NTB memberikan sosialisasi pencegahan maladministrasi di 35 Puskesmas, Rabu (6/12/2023).

“Kami dalam rangka koordinasi penguatan pengawasan pelayanan publik, Minggu Sebelumnya kami sudah koordinasi dengan Bupati diwakili oleh buk Sekda kegiatannya waktu itu koordinasi mengundang dinas-dinas yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat,” ucap Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombusmand NTB, Arya Wiguna.

Langkat itu sebagai upaya bersama mendorong peningkatan kualitas dan memperkuat koordinasi pelayanan publik di Kabupaten Lombok Timur.

“Artinya pengawasan ini melihat bagaimana kita bisa sama-sama menyelesaikan masalah-masalah yang muncul berkaitan dengan pelayanan publik,” ucapnya.

Sebelumnya masing-masing dinas mengundang Ombudsman untuk menyampaikan poin point penting terkait upaya penguatan hingga Dinkes sendiri diharapkan mampu menciptakan penguatan di seluruh Puskesmas yang ada di Lombok Timur.

“Karena puskesmas ini kan pelayanan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dari acara hari ini yang menjadi penekanan pertama kami mendorong semua Puskesmas untuk melaksanakan standar
pelayanan publik,” katanya.

Puskesmas, lanjutnya, didorong untuk melakukan penguatan terhadap pengelolaan pengaduan di masing-masing wilayah tugasnya, agar masyarakat memiliki kanal ketika ingin mengadu atau menyampaikan harapannya kepada unit pelayanan.

Karna itu, masalah pelayanan kesehatan harus mendapat penanganan cepat sehingga masyarakat juga bisa puas terhadap pelayanan yang ada di bidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, Pathurrahman menyambut baik apa yang dilakukan Ombudsman terhadap upaya peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas.

Selain sosialisasi mengenai pencegahan maladministrasi, pada acara disampaikan semua puskesmas harus terus berinovasi dalam meningkatkan layanan

“Tadi banyak poin dan saran yang diberikan oleh teman-teman dari Ombudsman hari ini kami sangat berbahagia dan berterima kasih atas kerja sama ini,” katanya.

“Tapi kita kan lebih baik mencegah daripada terjadi. Alhamdulillah selama saya di Dinas Kesehatan Belum terjadi maladministrasi itu, tapi mudah-mudahan tidak dan kata kunvinya adalah mencegah kalau kita sudah berusaha mencegah saja bisa terjadi apa lagi tidak sama sekali,”imbuh Pathurrahman.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.