Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dinas Pertanian Siapkan Rp 7 M Atasi Kekeringan di Lombok Timur

20

SELONG, DS – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur tetap memberikan perhatian pada masalah kekeringan yang dialami petani. Sekitar Rp 7 miliar anggaran disiapkan untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian di tahun 2021 mendatang.

Hal ini dituturkan Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur, H. Abadi saat ditemui wartawan, Rabu (04/11). “Di tahun 2021, sekitar Rp. 7 miliar dari DAK yang kita peroleh untuk kegiatan embung, pembuatan embung, parit, dan irigasi, ada di situ,” kata Abadi.

Anggaran tersebut dicanangkan untuk perbaikan jaringan irigasi yang sudah ada. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan dialokasikan juga untuk peningkatan embung.

“Memperbaiki jaringan irigasi yang sudah ada, jaringan tersiernya. Kalau ada peluang kita juga untuk perbaiki embung yang sudah ada,” tutur dia.

Ia menyadari betul keberadaan embung sebagai salah satu sumber irigasi masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk menampung air hujan. Sehingga sumber air embung dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian di musim pengering.

“Yang namanya embung akan terus menerus kita manfaatkan. Bila perlu kita tingkatkan. Artinya bukan cuma embung rakyat,” tegasnya.

Menurutnya, terdapat ribuan embung yang sudah ada di Lombok Timur. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada penambahan dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki di masing-masing wilayah.

“Sudah ribuan embung yang kita miliki sekarang. Tapi kita lihat juga potensi yang dimiliki, baik diwilayah utara, tengah, maupun selatan. Karena pertanian memang ketergantungannya dengan air,” ucapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.