Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 8 Mar 2022 20:31 WITA ·

Dilantik jadi Rektor Unram, Prof.Bambang Siap Wujudkan 8 Indikator Kampus Maju


					Dilantik jadi Rektor Unram, Prof.Bambang Siap Wujudkan 8  Indikator Kampus Maju Perbesar

FOTO. Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D usai dilantik menjadi Rektor Unram Periode Tahun 2022-2026.(FOTO. RUL)

MATARAM, DS – Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Mataram (Unram), Prof Ir Bambang Hari Kusumo, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Mataram (Unram) Periode Tahun 2022-2026.

Pelantikan dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Ir Suharti, di Jakarta, Selasa (8/3) Petang.

Prof Bambang dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 11686/MPK.A/KP.07.00.2022 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Mataram Periode Tahun 2022-2026.

Prof Bambang dilantik bersama Rektor Universitas Syiah Kuala dan Pejabat Administrator pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I.

Dalam sambutannya Sekjen Kemdikbud Ristek Suharti mengingatkan, perubahan-perubahan terjadi begitu cepat. Dampaknya, akan mempengaruhi pembangunan bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi menuntut semua untuk belajar, beradaptasi, dan bekerja dengan cepat.

“Kami berpesan agar ibu dan bapak bergerak dengan cepat. Kita tidak punya kemewahan waktu yang bekerja pelan,” ujar Suharti dalam sambutannya.

Suharti mendaku, kebijakan Merdeka Belajar yang telah dicanangkan merupakan salah satu upaya untuk merangkul semua pemangku kepentingan pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi.

Semuanya dalam rangka mengoptimalkan semua potensi bangsa menghadapi tantangan peradaban.

“Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan rangkaian kebijakan untuk mengatasi permasalahan yang masih dihadapi pendidikan tinggi,” ungkapnya.

Seperti angka partisipasi pendidikan tinggi, hasil pembelajaran pendidikan tinggi, dan Ketimpangan kualitas pendidikan tinggi secara geografis.

Dalam kesempatan itu, Suharti juga mengucapkan terima kasih kepada Prof Dr Lalu Husni atas pengabdian dan jasa-jasa selama memangku jabatan sebagai Rektor Universitas Mataram Periode Tahun 2018-2022.

“Tetap semangat untuk berkarya, masyarakat masih menantikan dharma bakti saudara,” ucap Sekjen Kemdikbud Ristek itu.

Acara pelantikan Rektor ini dihadiri pula Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang yang turut memberikan ucapan selamat kepada Rektor dan Pejabat Administrator yang dilantik.

Sementara itu, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengatakan, dirinya akan fokus mempercepat delapan indikator yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Mendikbudristek pada seluruh perguruan tinggi di semua wilayah Indonesia.

Delapan indikator utama Kampus Maju, yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Selanjutnya, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat.

Berikutnya, program sudi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Serta, program studi berstandar internasional.

“Nah dari delapan indikator itu, Unram hanya bagus pada sisi hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Makanya, enam indikator yang kurang akan kita kejar dan percepat akselarasi kedepannya. Salah satunya, di Unram semua program studinya bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Serta, program studi berstandar internasional,” jelas Prof Bambang pada wartawan, Selasa (8/3).

Menurut dia, dengan bisa dikejarnya target delapan indikator utama Kampus Maju tersebut, pihaknya optimis akan bisa meningkatkan raihan rangking Unram yang kini pada kluster 41 kampus terbaik di Indonesia menjadi peringkat ke-33 secara Nasional.

“Insyaallah, kita ikhtiarkan kesana, minimal kita bisa kembalikan Unram ke peringkat ke-33 secara Nasional. Syukur-syukur bisa melampaui lah,” tegas Prof Bambang.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu mendaku, dengan visi Unram yang akan menjadi perguruan tinggi berbasis internasional di tahun 2024, pihaknya akan fokus mengejar akreditasi tersebut. Apalagi, dengan jaringannya di berbagai kampus ternama di Australia, dan Selandia Baru. Tentunya, peningkatan kerjasama dengan kampus luar negeri akan bisa diterapkan dalam waktu dekat ini.

“Insyaallah, dengan pengalaman saya sekitar 8,5 tahun tinggal di luar negeri. Utamanya, bolak balik Australia, Selandia Baru dan negara Eropa lainnya, hal itu akan bisa kerja kedepannya,” ucap Prof Bambang.

Tak hanya itu, lanjut dia, strategi lainnya agar Untam mampu memenuhi Akriditasi nasional. Tentunya, program afirmasi mahasiswa miskin yang pintar untuk bisa masuk di Fakultas Kedokteran akan diutamakan kedepannya.

Apalagi, kata Prof Bambang, terobosan mengakomodir mahasiswa miskin di NTB masuk fakultas kedokteran Unram, merupakan janjinya selama ini.

“Insya Allah, di era saya, keberpihakan rektorat pada siswa miskin yang ingin melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran akan bisa saya wujudkan. Ini kenapa harus saya mulai, sebab saya juga berangkat dari anak miskin yang bisa bersekolah di Unram hanya dengan modal nekat. Makanya, kehidupan saya waktu itu, adalah bermodal serba bea siswa saat berkuliah dari S-1 hingga melanjutkan studi ke magister hingga gelar Doktoral dan profesor saat ini,” tegas Prof Bambang.

Ia memastikan, selama memimpin Unram kedepannya, dirinya akan fokus memperbaiki yang kurang dari sisi akademik hingga tidak akan pernah melakukan praktik yang akan merugikan pihak lain.

“Insya Allah, saya enggak akan korupsi. Yang ada, adalah saya akan banyak berbuat untuk warga miskin yang ingin bersekolah di Unram. Utamanya, di Fakultas Kedokteran. Jadi, nanti semua tes masuk hingga saat siswa miskin di terima di Fakultas Kedokteran yang memenuhi pasing grade, pinter dan lulus tes akan kita biayai seluruhnya,” tandas Prof Bambang. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ini Ajakan Gubernur NTB kepada Santri Mambaul Ulum

22 Mei 2022 - 06:35 WITA

Sukses Harus Diimbangi Kerja Keras Tak Kenal Menyerah

20 Mei 2022 - 07:31 WITA

Rekrutment Beasiswa NTB Dilakukan Secara Transparan

17 Mei 2022 - 17:45 WITA

Mimpi Besar Anak NTB, Itu Harapan Gubernur

12 Mei 2022 - 16:30 WITA

Pembangunan Pondok Pesantren Tidak Boleh Berhenti,Ini Alasannya

10 Mei 2022 - 16:13 WITA

Gubernur Hadiri Silaturahim Pendidikan YPH PPD NWDI

7 Mei 2022 - 16:55 WITA

Trending di Pendidikan