Berbagi Berita Merangkai Cerita

Diduga Banyak Reses Dewan NTB Abaikan Prokes Covid 19

139

FOTO. Inilah dokumentasi salah satu reses anggota DPRD NTB yang sama sekali mengabaikan Prokes Covid-19. Dokumentasi kegiatan reses itu diunggah sendiri oleh anggota DPRD di laman Facebook-nya.

MATARAM, DS – Sejumlah anggota DPRD Provinsi NTB yang melaksanakan kegiatan reses diduga telah melanggar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Beberapa kegiatan reses anggota dewan terlihat mengundang kerumunan masa yang berlebihan tanpa menjaga jarak dan tak menggunakan masker.

Sekretaris DPRD Provinsi NTB, H Mahdi Muhammad, yang dikonfirmasi terkait hal itu, menyampaikan bahwa pihaknya dari sebelum reses sudah memberikan arahan kepada para anggota dewan agar tetap menggunakan protokol kesehatan pada saat melaksanakan kegiatan reses.

“Kita sudah mengarahkan pada semua angggota agar pada pelaksanaan reses supaya menggunakan protokol kesehatan dengan ketat. Jumlah masyarakat yang hadir itu harus dibatasi, diatur sekali pertemuan maksimal 20 orang,” ujar Mahdi pada wartawan, Selasa (29/6).

Mahdi pun sangat menyayangkan jika masih ada anggota dewan yang tidak memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan kegiatan reses yang dijadwalkan berlangsung selama 8 hari yakni mulai dari tanggal 26 Juni sampai 3 Juli. Apalagi yang sampai menghadirkan masa dalam jumlah yang besar.

“Itu sebenarnya ndak perlu dilakukan efuria seperti itu. Kegiatan reses ini kan hanya kegiatan pertemuan untuk menyerap aspirasi masyarakat, bukan untuk membagi-bagikan sembako. Jadi ndak perlu sampai ada (Gendang Belek) seperti itu,” tegas Mahdi.

Mahdi menegaskan bahwa untuk memastikan kegiatan reses para anggota dewan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan. Pihaknya sudah bersurat kepada satgas Covid-19 dan juga pihak kepolisian agar ikut memberikan pengawasan.

“Sudah ada surat juga kita sampaikan ke satgas Covid-19, dan juga ke pihak kepolisan untuk turut melakukan pengawasan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Provinsi NTB yang diduga kuat dalam kegiatan resesnya telah melanggar protokol kesehatan Covid-19 yakni Lalu Satriawandi dari fraksi partai Golkar dapil VII Lombok Tengah utara. Dokumentasi kegiatan reses yang diunggahnya ke media sosialnya mendapat sorotan dari banyak pihak karena kegiatan resesnya memperlihatkan mengabaikan protokol kesehatan.

Lalu Satriawandi yang dikonfirmasi terkait dengan hal itu memilih bungkam. Sampai berita ini diturunkan, ia enggan untuk memberikan klarifikasi terkait dengan kegiatan resesnya yang diduga telah melanggar protokol kesehatan. Bahkan postingan kegiatan reses yang diunggah di media sosial Facebook dan Instagram miliknya, diketahui belakangan telah dihapus oleh Satriwandi menyusul besarnya kritikan masyarakat. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.