Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dibantah, Ada Pungutan Kenaikan Pangkat bagi Guru

1.996
Widayay

SELONG, DS -Diduga ada pungutan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur pada guru-guru yang mengusulkan kenaikan. Besaran pungutan yang dilakukan, ditengarai mencapai Rp. 2 juta sampai Rp. 5 juta perorang.


Menyikapi kabar itu, Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Kabid PK), Dikbud Lotim, Widayat, membantah hal tersebut dilakukan oleh institusinya. “Silahkan cari kebenarannya, untuk yang berbayar. Dan saya pastikan hanya pada proses mengadakan pelatihan untuk mengurai kenaikan pangkat itu,” bantahnya.


Dijelaskan lebih lanjut olehnya, meskipun ada penarikan, namun dibantahnya hal itu dilakukan oleh Dinas. Namun dikatakannya sebagai kewenangan panitia penyelenggara pelatihan, yang dibentuk oleh guru-guru di tiap Kecamatan. Karena pelatihan tersebut dipusatkan di tiap Kecamatan.


Ia pun menyebut, besaran biaya yang dikeluarkan oleh guru hanya sebesar Rp. 2 juta. Tidak ada yang nominalnya sampai Rp. 5 juta. “Setahu saya hanya Rp. 2 juta,” pungkasnya.


Uang tersebut digunakan untuk membayar narasumber, makan minum peserta, dan biaya seminar yang dilaksanakan selama tiga bulan. Bahkan dinilainya, nominal Rp. 2 juta tersebut masih sangat kecil.

Dibandingkan dengan kewajiban guru untuk menggunakan 15% gaji sertifikasi untuk peningkatan kapasitas dirinya.
“Guru-guru ini rata-rata belum naik pangkat diatas 10 tahun. Sehingga kalau membayar Rp. 2 juta itu, masih jauh panggang dari api yang 15% itu,” tukasnya.


Pelatihan tersebut dikatakan penting karena menjadi angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat. Dimana pelatihan tersebut sebagai nilai pengembangan diri.


Ia pun menyebut telah terjadi kenaikan pangkat yang signifikan. Di tahun 2020 ini, lebih dari 1300 guru akan naik pangkat.
“Untuk yang bulan April, 700 orang. Yang sekarang ini diperkirakan 500 orang, yang kami ajukan ke BKPSDM. Mudah-mudahan tidak ada kesalahan berkas, atau kekurangan berkas,” harapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.