Dialog Pemilu Pondok Jurnal, Kawal Pemilu Damai 2024

Dialog interaktif pemilu

Selong,DS – Mendukung suksesnya pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Lombok Timur, komunitas wartawan Pondok Jurnal menggelar dialog interaktif dengan lintas stakeholder, dengan menghadirkan Pj Bupati Lombok Timur, Kapolres, Bawaslu dan pengamat sosial politik.

Dialog yang disiarkan secara live di Selaparang TV, OpsiNTB, Gledek TV dan Satunusa.co itu digelar di Pondok Jurnal Kelurahan Sandubaya, Kecamatan Selong, Kamis (28/12) malam.

Penjabat Bupati Lombok Timur, Drs. HM. Juaini Taofik, M.AP dalam paparannya mengatakan masyarakat Lombok Timur sangat dewasa dalam mengikuti Pemilu. Karna itu, dia berharap, semua elemen masyarakat di Lombok Timur harus berperan aktif dalam mengikuti setiap tahapan Pemilu tanpa kecuali.

Khususnya kepada setiap tingkatan pemerintahan, sampai ke tingkat paling bawah untuk mendukung penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) dalam mensukseskan terselenggaranya Pemilu. Sebab suksesnya Pemilu di NTB, sangat dipengaruhi oleh suksesnya pelaksanaan Pemilu di Lombok Timur, selaku daerah dengan daftar pemilih tetap (DPT) terbesar di NTB.

“Pastinya Pemilu adalah wahana integrasi bangsa, mari kita saling bahu membahu semua elemen untuk mensukseskannya. Dan saya mengimbau juga kepada semua tingkatan pemerintahan di Lombok Timur untuk mensukseskan Pemilu, sebab suksesnya Pemilu di Lombok Timur akan menentukan suksesnya Pemilu di NTB,” ungkapnya.

Terkait dengan netralitas ASN, dia menegaskan dirinya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian akan melaksanakan aturan semestinya. “Terkait dengan adanya dugaan ASN yang terlibat dalam kegiatan politik praktis, kami masih menunggu proses dan rekomendasi dari Bawaslu untuk kami tindaklanjuti. Jangan sangka kami tersenyum, tapi kami tidak mengendus praktik-praktik yang melanggar netralitas ASN,” tegasnya.

Pengamat Sosial Politik, H Hulain, menilai masyarakat Lombok Timur sebenarnya sudah sangat matang dalam mengikuti Pemilu, karena sejak pertama kali pelaksanaan Pemilu dan Pilkada secara langsung, friksi yang terjadi tidak sampai melahirkan konflik terbuka yang berdampak pada kekerasan yang relatif masif.

“Hemat saya sebenarnya masyarakat kita sudah dewasa dalam mengikuti setiap kontestasi elektoral. Terbukti dalam setiap penyelenggara Pemilu dan Pilkada, eskalasi konflik relatif rendah, sehingga semua kontestasi elektoral itu berjalan sukses,” katanya.

Terlepas dari itu, dia menilai penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu Lombok Timur masih relatif rendah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Buktinya kata dia, tindakan politik transaksional seolah telah membudaya dan seakan tidak bisa dihindari.

Karena itu, tegas dia, Pemilu sebagai implementasi tertinggi dari demokrasi tidak mencerminkan norma dan etika moral yang mestinya terermin dalam azas jujur, adil dan rahasia.

“Saya harus katakan demokrasi yang kita anut adalah demokrasi kebohongan. Khususnya bagi penyelenggara, baik itu KPU dan Bawaslu tidak pernah maksimal dalam menjalankan aturan yang ada. Jadi itu adalah pertanyaan besar kita semua, khususnya kepada KPU dalam hal ini yang tidak mampu meningkatkan partisipasi masyarakat secara utuh dalam setiap Pemilu,” tegasnya.

“Buktinya, di acara yang saya rasa cukup penting ini saja, KPU selaku lembaga yang bertanggung jawab dalam mensosialisasikan teknis pelaksanaan Pemilu, satupun komisionernya tidak hadir,” imbuhnya.

Menanggapi anasir yang disampaikan H Hulain, Komisioner Bawaslu Lombok Timur, Samsul Hadi, menyatakan poin utama suksesnya penyelenggaraan Pemilu adalah kesadaran dan peran aktif masyarakat. Termasuk dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bawaslu, sebagai lembaga pengawas, tanpa peran aktif masyarakat.

“Kesadaran dan peran aktif masyarakat adalah kunci utama suksesnya penyelenggaraan Pemilu. Tanpa itu, maka kami dari penyelenggara, khususnya terkait dengan tugas kami dalam pengawasan dan pendidikan akan sangat sulit dilakukan, karena sumber daya kami juga terbatas,” ungkapnya. li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.