Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Di Lombok Timur Ada Kadus Kuasai ATM Milik KPM, Bupati Sebut Sang Kadus Gesek Tiap Bulan

94

SELONG, DS- Bupati Lombok Timur, H.M Sukiman Azmy, mengeluhkan adanya Kepala Dusun (Kadus) yang memegang kartu ATM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang merupakan hak Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal ini diungkapkan Bupati di hadapan Pimpinan OPD dan Camat se-Lombok Timur, saat menggelar rapat evaluasi penanganan Covid-19, Selasa (14/07/2020).

Ini kartunya KPM itu dipegang oleh Kadus. Dia yang menggesek setiap bulan. Tidak tertutup kemungkinan, di tempat lain ada yang seperti itu,” ungkap Bupati.

Ia pun meminta Kepala Dinas Sosial untuk menelusuri lebih jauh, terkait kemungkinan terjadinya praktik serupa di desa-desa lain. Sejauh ini, Bupati menemukan ada tiga Kadus yang mengambil hak KPM, hanya untuk dirinya sendiri.

“Silahkan pak Kadis Sosial menelisik kembali. Turun ke lapangan. Sudah ada tiga desa yang seperti itu. Sudah ada tiga kadus yang nilep seperti itu, merugikan masyarakatnya,” ujarnya.

Ia pun menyayangkan praktik-praktik semacan itu masih terjadi di Lombok Timur. Padahal, pemerintah menggelontorkan bantuan sosial (bansos) untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Baik bansos reguler bagi masyarakat miskin, maupun bansos penanganan dampak Covid-19, yang berjalan sementara waktu.

“Jadi kalau itu saja belum bisa dibenahi, mana mungkin sebuah desa itu aspek kesejahteraannya bisa terjamin. Karena tidak meratanya pembagian JPS, BPNT, maupun Bansos dari pusat ke desa,” keluhnya.

Menjadi perhatian Pemkab juga keberadaan masyarakat Lombok Timur yang pulang dari rantauan sebagai tenaga kerja. Tentunya sangat berdampak bagi perekonomian mereka oleh pandemi ini. Sehingga, ia meminta agar Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kabupaten, dan JPS Gemilang harus tersalurkan kepada masyarakat tersebut.

“Yang menjadi keprihatinan kita adalah tenaga kerja yang dari luar daerah pulang ke sini. Sampai di sini, dia tidak punya penghasilan. Ini yang harus kita perhatikan sehingga JPS itu harus dibagikan kepada mereka,” pesannya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.