A place where you need to follow for what happening in world cup

Di KLU, Dua Caleg TMS Masih Dihitung, Bawaslu NTB Nilai KPU Tak Konsisten

0 16

MATARAM, DS – Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan perhitungan suara hasil pemilu tingkat provinsi NTB yang digelar lanjutan di Hotel Lombok Raya Mataram, pada Rabu (8/5), memanas setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB mempertanyakan ketidakkonsistenan pencatatan perolehan suara dua Caleg yang terdaftar di DPRD provinsi NTB dan DPR RI dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh pihak KPU Lombok Utara.

Keduanya, yakni Agus Kamarwan yang maju dari Partai Berkarya di Dapil Lombok Barat-KLU dan TGH Taqiudin Mansyur yang maju di DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua Bawaslu NTB, M. Khuwailid menyatakan, dari pantauannya saat pencatatan dan perhitungan di TPS hingga model DDA dan DA-1 di tingkat kecamatan, suara dua orang caleg yang TMS itu masih masuk pada suara calonnya.

“Yang parah di pleno kabupaten di KPU KLU, di satu sisi ada satu caleg yang suaranya masuk suara partai dan satu caleg masih masuk di suara calegnya,” ujar Khuwailid dalam interupsinya.

Ia menegaskan, ketidakkonsistenan KPU terkait TMS pada dua caleg telah menimbulkan persoalan.

“Kita ingin jika memang suara C-1 caleg TMS itu nol dan masuk partai atau suara perseorangannya sedari awal sikap konsistensi ditunjukkan. Kalau sikap kayak sekarang terus dilakukan, maka akan bisa melahirkan perdebatan sikap pada aturan yang sudah baku,” tegas Khuwailid.

Mantan Ketua KPU Loteng itu menyarankan pada pihak KPU NTB agar melakukan pencatatan pada item perhitungannya. Jika suara caleg TMS itu masuk sah suara partai, kata dia, maka harus ada klausul pada dokumen rekapnya.

“Tolong, KPU agar cermat pada aturan yang ada. Jangan sampai gara-gara ketidakkonsistenan sikap akan merugikan suara caleg dan parpol yang bersangkutan,” tandas Khuwailid.

Terpisah, Ketua KPU NTB, Suhardi Soud, mengatakan TMS pada dua caleg itu suaranya akan masuk menjadi suara partai.

“Kami bersyukur masukan dari Bawaslu ini, harus kita akui Ketua Bawaslu ini sangat paham dan cermat pada aturan. Kedepan, insyaallah hal-hal kayak gini akan kita perhatikan agar tidak ada persoalan dikemudian hari,” kata Suhardi.

Menurut dia, dengan diterima rekapitulasi perhitungan suara KPU KLU meski dengan banyak catatan-catatan serta diskusi yang cukup alot dari Bawaslu NTB, sudah dua daerah yang telah bisa disahkan pembahasan suaranya.

“Alhamdulilah, sejak kemarin hingga sekarang sudah dua daerah yang bisa kita sahkan. Yakni, Kabupaten Dompu dan KLU,” tandas Suhardi Soud.

Hingga berita ini diturunkan, rekapitulasi berlanjut ke giliran KPU Sumbawa. RUL

Leave A Reply

Lewat ke baris perkakas