Berbagi Berita Merangkai Cerita

DEVILE BUDAYA MERIAHKAN HUT NTB 

0 7

MATARAM,DS-Puncak Peringatan HUT ke-59 Provinsi NTB dimeriahkan dengan devile budaya yang menampilkan beragam busana khas Nusantara. Para peserta devile yang melibatkan berbagai etnik Nusantara di NTB tersebut mengenakan busana tradisional daerah masing-masing.

Namun nuansa ke-NTB-an yakni khas Sasak, Samawa dan  Mbojo tetap terasa kental. Selain busana tradisional, juga ditampilkan beragam seni budaya etnik antara lain Gendang Beleq termasuk barongsai dan marching band yang berjalan kaki dari lokasi upacara menuju IC sekira 2 km.

Usai bertindak selaku inspektur upacara peringatan HUT ke 59 di Eks Bandara Selaparang, Minggu pagi (17/12/2017), Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi didampingi istri, Hj. Erica Zainul Majdi melepas sekaligus ambil bagian berjalan kaki sambil menyaksikan beragam atraksi yang disajikan peserta disepanjang perjalanan. Turut menjadi bagian sebagai peserta pawai adalah seluruh tamu undangan dan peserta upacara yang terdiri dari pelajar, ASN, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, anggota TNI/Polri berjalan kaki di sepanjang Jalan Udayana Kota Mataram dan berakhir di Islamic Center NTB.

Tampak dalam deretan tamu undangan Manteri Kominfo, Rudiantara, Wakil Gubernur, H. Muh. Amin, SH.M.Si dan istri Hj. Syamsiah Muh. Amin serta ratusan pejabat lingkup Pemprov. NTB.

Tiba didepan gedung DPRD NTB di Jalan Udayana, Gubernur dan rombongan disambut  ratusan peserta pameran  yang membangun stand secara berjejer diatas trotoar dari depan seberang jalan Gedung DPRD hingga di Halaman islamic Center NTB. Ditiap-tiap stand tersebut ditampilkan beragam produk hasil pembangunan, juga simulasi beragam inovasi dan hasil industri kerajinan rakyat termasuk memamerkan visualisasi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh berbagai OPD, hasil pertanian, kuliner, dan hasil industri kreatif lainnya. Tepat didepan IC dipamerkan pula foto foto NTB tempo dulu.

Satu persatu Gubernur dan Wagub yang didampingi masing-masing istri meninjau pameran yang digelar untuk memeriahkan HUT ke-59 Provinsi NTB.

Setiba di Islamic Center, TGB didampingi Wagub Amin meresmikan sejumlah proyek besar untuk tahun 2018 mendatang. Peresmian proyek tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti untuk tujuh proyek besar tersebut. Tujuh proyek besar yang diresmikan TGB itu di antaranya, proyek peningkatan 430 km jalan 420 km jembatan sebagai bagian ikhtiar menuntaskan kemantapan 1.484 km jalan provinsi yang diwakili oleh proyek peningkatan jalan Gatot Subroto Kota Bima. Selain itu, Cucu Pahlawan Nasional, Maulana Syaikh, TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid itu juga meresmikan proyek Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi NTB, Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi NTB dan Proyek bidang pendidikan yang secara simbolis diwakili oleh proyek pembangunan ruang laboratorium IPA untuk SMA Negeri 1 Gangga Kabupaten Lombok Utara.

Tiga proyek lain yang diresmikan Gubernur adalah proyek pembangunan “Samsat Drive Thru” Alas Kabupaten Sumbawa, proyek kawasan perbengkelan dan assembling PT. Gerbang  NTB Emas dan Proyek Penataan destinasi Kota Tua Ampenan sebagai bentuk komitmen pemerintah Provinsi NTB untuk membenahi sarana dan prasarana kepariwisataan secara bertahap. Pembenahan Kota Tua Ampenan adalah perwujudan masterplan yang disepakati dengan Pemerintah Kota Mataram. hm

Leave A Reply