Menu

Mode Gelap

Hukum · 7 Jun 2022 17:44 WITA ·

Desa Kumbang, Lombok Timur Calon Percontohan Desa Antikorupsi


					Program Desa Antikorupsi.kmf Perbesar

Program Desa Antikorupsi.kmf

Selong,DS-Desa Kumbang, Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa di Provinsi NTB yang terpilih menjadi calon percontohan Desa Antikorupsi Tahun 2022. Terdapat 10 desa di seluruh Indonesia yang dipilih oleh Komisi Pemberantasan Anti Korupsi (KPK) sebagai jadi calon percontohan desa anti korupsi.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menghadiri secara langsung pembukaan program Desa Antikorupsi yang dilaksanakan di salah satu calon desa antikorupsi, yakni di Desa Pakkato, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan pada Selasa (7/6).

Ketua KPK, Firli Bahuri, dalam sambutannya mengungkapkan hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi di tingkat pedesaan di Indonesia.

“Kita sangat memahami bahwa begitu penting peran desa. Kalau 74 ribu lebih desa bebas dari korupsi, maka tentulah gambaran kabupaten/kota bebas dari korupsi,” tandasnya.

Lanjutnya, ia berharap dengan anggaran yang tidak sedikit mencapai Rp468,5 triliun untuk desa, penggunaan dana desa tersebut harus dipastikan sesuai dengan tujuan.

“Anggaran Rp 468,5 triliun itu kita harus pastikan, kalau setiap kepala desa paham bagaimana menyusun rencana kerja dari desa dan paham penyusunan pertanggungjawaban secara benar baik formil maupun materil, sehingga jauh dari perbuatan korupsi itu,” harapnya.

Sebagai informasi, Terdapat 10 desa di seluruh Indonesia yang dipilih oleh Komisi Pemberantasan Anti Korupsi (KPK) sebagai jadi calon percontohan desa anti korupsi. Sebelum menentukan 10 desa tersebut, tim KPK telah melakukan observasi terhadap 23 desa di 10 provinsi.

Ke-10 calon desa antikorupsi tersebut di antaranya Desa Pakatto di wilayah Gowa, Sulawesi Selatan, Desa Kamang Hilla di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Desa Hanura di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Desa Mungguk di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Kemudian, Desa Cibiru Wetan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Desa Banyubiru di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Desa Sukojati di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Desa Kutuh di Kabupaten Badung, Bali, Desa Batusoko Barat di Kabupaten Ende, NTT serta Desa Kumbang di Kabupaten Lombok Timur, NTB.kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Polda NTB akan Dalami Kasus Pencabulan yang Dilaporkan Sejumlah Mahasiswi

1 Juli 2022 - 12:36 WITA

Kuliah Umum Cegah Korupsi, Kejaksaan Sudah Petakan Pola Korupsi

29 Juni 2022 - 09:20 WITA

Turunkan 307 Personel Polresta Mataram Amankan Aksi Unjuk Rasa

10 Juni 2022 - 07:27 WITA

LPAI Klarifikasi Tidak Tersangkut Pelaporan Masyarakat di Polda Jatim

3 Juni 2022 - 16:30 WITA

Pilih Santai Soal Gugatan Lahan di Belakang Kantor Imigrasi Mataram

3 Juni 2022 - 15:38 WITA

Gugatan MA Tingkat Kasasi, ITDC Sah Miliki Lahan 60 Are di Mandalika

2 Juni 2022 - 17:38 WITA

Trending di Hukum