Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 22 Jun 2022 05:58 WITA ·

Desa Anggareksa akan Kembangkan Olahan Kelapa


					Salah satu olahan berupa permen yang akan dikembangkan Desa Anggarekaa.kus Perbesar

Salah satu olahan berupa permen yang akan dikembangkan Desa Anggarekaa.kus

SELONG,DS- Desa Anggareksa, Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur (Lotim), berdasarkan tata perencanaan Kota Pringgabaya memiliki luas 340,28 ha. Dengan 5 kekadusan yaitu Mudung, Mudung Barat, Mudung Timur, Sanggar Sukun, dan Aik Dalem. potensi sumber daya alam andalan desa tersebut adalah pohon kelapa dengan luas arel 110 ha.

Sekdes Anggareksa, Iskandar, Senin (20/06/2022). menuturkan hasil dari pohon kelapa sangat dirasakan manfaatnya. Masyarakat dapat panen kelapa setiap 2 bulan sekali.

“Dalam 1 ha setiap kali panen diperoleh hasil 2000 – 2500 butir kelapa,” kata Iskandar.

Selain berprofesi sebagai petani, pekebun, terdapat 13 orang pengusaha yang langsung mengirim hasil panen kelapa keluar daerah. “Di antaranya ada 2 orang pengusaha yang tetap langsung mengirim ke Surabaya,” imbuhnya.

Menurut Iskandar, produk kelapa selain dikirim ke Surabaya, juga sangat dibutuhkan oleh masyarskat dalan kehidupan sehari – hari. Beberapa antaranya sebagai bahan baku untuk pembuatan kuliner (sayur, aneka minumen, permen jelly dari sari kelapa muda).

“Pada saat masyarakat ada acara, produk hasil panen kelapa menjadi bahan baku utama. Air kelapa bisa dijadikan sebagai campuran minuman segar menyehatkan. Selain itu daging huahnya sebagai bahan baku pembuatan santan kelapa yang manfaatnya sebagai campuran adonan olahan ragam makanan,” terang Iskandar.

Terkait dengan pemanfaatan produk Kelapa, ia menyebut kedepan akan memberdayakan potensi masyarakat setempat, diantaranya menumbuhkembangkan semangat masyarakat dalam bidang pengolahan ragam kuliner.

“Akan kita galakkan kemampuan masyarakat utamanya dalam pengolahan bahan makanan tradisional,”cetus Iskandar, sembari menyebut beberapa warga masyarakat yang potensi dalam bidang pengolahan hasil pertanian seperti kelapa. “Nanti kita kumpulkan para warga masyarakat yang bisa membuat minyak kelapa secara tradisional,” imbuhnya (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KTT Bebaturan Siapkan Sapi untuk Hewan Kurban

3 Juli 2022 - 15:26 WITA

Dirangkaikan dengan Harganas, Car Free Day Bangun Komitmen Turunkan Stunting

3 Juli 2022 - 12:01 WITA

Pemukulan Bedug Warnai MTQ XXIX Provinsi di Selong

1 Juli 2022 - 20:11 WITA

MTQ Provinsi di Lotim, Semangat bagi Millenial Bumikan Al-Qur’an

29 Juni 2022 - 09:25 WITA

Pisah Sambut Ketua PN 1B Selong,Bupati Paparkan Diskusi tentang Tiga Macam Hakim

25 Juni 2022 - 11:02 WITA

Sebanyak 974 Mahasisswa Unram “Serbu” 95 Desa di Lotim

23 Juni 2022 - 14:31 WITA

Trending di Lombok Timur