Berbagi Berita Merangkai Cerita

Desa Aikmel Timur Siap jadi Pintu Gerbang Destinasi Wisata di Lotim

54

Pembuatan Bubur Assuro (10 Muharram) Desa Aikmel Timur

SELONG, DS : Desa Aikmel Timur siap jadi penjaga pintu melayani setiap wisatawan yang masuk ke sejumlah destinasi wisata lainnya, Hal itu dikemukakan Kades Aikmel Timur, Rasidi yang didampingi Ketua Pokdarwis dan sejumlah Pengurus PKK Desa Aikmel Timur, Senin (23/08/2021), di Kantor Desa setempat.

Rasidi mengaku sudah mengurutkan sejumlah program, baik infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat, termasuk di dalamnya pemanfaatan, pengelolaan, dan pengembangan potensi berbasis destinasi wisata desa.

“Desa Aikmel Timur sebagai pusat kawasan perekonomian (ada Pasar Tradisional Aikmel) pedesaan, siap kita perkuat dengan pembangunan, pemberdayaan, dan pengembangan potensi sumber daya (SDM dan SDA). Untuk setting pengembangan potensi sehingga dikenal masyarakat luas sudah kita bentuk Pokdarwis,” katanya.

Sementara itu, Zohratul Aini, Ketua Pokdarwis Desa Aikmel Timur menyebut beberapa point penting sebagai program dalam mewujudkan Desa Aikmel Timur sebagai destinasi wisata fesa.

Kades Aikmel Timur, Rasidi

“Pokdarwis Desa Aikmel Timur akan merangkul semua komponen dan komunitas dengan ragam potensi dan profesi yang berbasis kearifan lokal untuk bersama melakukan aktivitas dan kegiatan produktif,” cetusnya.

Senada disampaikan sejumlah pengurus PKK dan Kader Posyandu Desa Aikmel Timur (Yuyun Sopia Hartini, Hayatul Islam, Dewi Susianti). Mereka mendukung dan siap membantu apa yang menjadi program Pokdarwis Desa Aikmel Timur.

Menurut mereka, di setiap gang dusun ada lapak kuliner tradisional khas Sasak (basah dan kering) yang berjejer siap melayani masyarakat waktu pagi, siang dan sore.

“Butuh kuliner baik dalam bentuk kue atau pun lauk pauk untuk sarapan, makan siang, maupun untuk makan malam siap menunggu kedatangan kita,” katanya, sembari menyebut beberapa contoh kuliner tradisional, kerajinan maupun produk bernilai seni budaya lainnya.

Zohratul Aini yakin dan percaya Desa Aikmel Timur sebagai penjaga pintu gerbang destinasi wisata Lotim bisa menjadi magnet untuk menarik para wisatawan.

“Kita berdaya manfaatkan seluruh komponen masyarakat untuk menggali, menumbuh kembangkan kearifan lokal yang ada. Untuk ini kami sudah memiliki konsep dan master plan yang mumpuni. Kita pun sudah sharing dan bberkoordinasi dengan pemerintah desa,” cetus sosok yang tiap hari mengantar jemput pesanan ke wilayah Kota Selong dan sekitarnya (Kus).

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.