Berbagi Berita Merangkai Cerita

Demokrat Ajak AHY dan TGB Keliling Nusantara Raup Suara Pilkada 2018

0 8

MATARAM, DS – Partai Demokrat memastikan telah menyiapkan sejumlah strategi dalam memenangkan perhelatan pilkada serentak tahun 2018. Salah satunya melakukan kegiatan keliling Nusantara yang pelaksanaanya dimulai di Riau pada 21-24 April dan kini pelaksanaanya berlanjut di NTB.Selain itu, kampanye melawan penolakan berita hoax dan merawat demokrasi melalui sprit kebangsaan akan terus didengungkan di berbagai wilayah Indonesia.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menegaskan, dipilihnya kegiatan keliling Nusantara tidak lain agar partai Demokrat bisa lebih dekat lagi dengan rakyat. Menurutnya, banyaknya kader Demokrat yang sempat tersandung badai kasus korupsi beberapa waktu lalu, telah menjadi evaluasi tersendiri di internal partai.

“Sehingga, perlu ada kebijakan strategis menyelamatkan partai. Caranya, kita harus lebih banyak turun dan dekat dengan rakyat melalui kegiatan bertajuk keliling Nusantara itu,” ungkap Hinca menjawab wartawan disela-sela pembukaan Rakernas Partai Demokrat di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Senin (8/5).

Mantan Sekretaris PSSI itu mengatakan, kegiatan keliling Nusantara akan difokuskan pada daerah-daerah yang terkatagori masuk dalam pelaksanaan pilkada serentak di 171 wilayah di Indonesia. Pihaknya pun memasang target optimis untuk bisa memenangkan pesta demokrasi lokal itu.

“Dari 171 wilayah yang akan mencari kepala daerah itu, kami optimis bisa memenangkan lebih dari separo wilayah,” tegas Hinca.

Menurutnya, dari hasil evaluasi pilkada serentak 2015 dan 2017, dipastikan ada tren peningkatan kemenangan yang naik signifikan. Bahkan, hasil akhir Pilkada 2017 jauh di atas target partai.
Hinca mengklaim, jika Partai Demokrat mampu memenangkan 45,5% wilayah, padahal dalam estimasi pengurus pusat, pihaknya kemungkinan hanya meraup 35% kemenangan. “Sangat wajarlah, jika di Pilkada 2018 kami optimistis bisa lebih besar lagi, yakni di angka 50 persen,” kata dia.

Pilkada serentak 2018 akan melibatkan 171 wilayah. Putaran Pilkada kali ini diyakini akan menjadi penentu peta suara dalam Pemilu 2019. Untuk itu partai politik telah bersiap sejak jauh hari. Apalagi kali ini provinsi yang menggelar pemilihan mencapai 17 wilayah dan didominasi wilayah dengan penduduk besar.

Provinsi yang menggelar pilkada itu yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan sisanya terdiri dari Pilkada di 115 kabupaten, dan 39 kota.

Hinca mengatakan, saat ini jajaran Partai Demokrat tengah intensif melakukan evaluasi kenapa di daerah tertentu berhasil, tapi di daerah lain belum berhasil. Hasil ini akan digunakan untuk menentukan strategi meraup kemenangan dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

Menurutnya, magnet Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur NTB Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi (TGB) akan terus dimunculkan partai berlambang mercy dalam gelaran kegiatan keliling Nusantara tersebut.

Apalagi, lanjut dia, kegiatan keliling Nusantara itu bisa diikuti semua kader partai. “Prinsipnya, kami di Demokrat ingin berubah, sprit kebangsaan melalui pola merawat demokrasi harus benar-benar dijunjungi tinggi oleh siapapun. Demokrat sekarang lebih cross culture, jadi fenomena AHY dan TGB kita tangkap jadi peluang tidak saja di Pilkada tapi saat Pilpres 2019,” tandas Hinca Panjaitan. fahrul

Leave A Reply