Demo Pemuda dan mahasiswa Sakti, Tuntut Pembangunan Puskesmas Baru

Selong,DS- Massa yang tergabung dalam Forum Pemuda Mahasiswa dan Masyarakat (FPMM) Sakra Timur menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Camat Sakra Timur, Selasa (18/04/2023).

Masa aksi menuntut Pemerintah Kabupaten Lombok Timur segera merealisasikan pembangunan Puskesmas baru di Sakra Timur.

“Kami minta Bapak Camat Sakra Timur menyampaikan aspirasi kami kepada Bupati Lombok Timur, agar segera merealisasikan janji untuk membangun Puskesmas Baru di Sakra Timur”,ucap perwakilan massa, Mukmin Yakuza.

Tuntutan tersebut, ujarnya, telah disepakati oleh semua Kepala Desa, BPD, Pemuda, Tokoh Masyarakat yang ada di Sakra Timur.

Perwakilan massa lainnnya yang ikut orasi, Usman menyampaikan aksi yang mereka lakukan sebagai upaya untuk menyampaikan aspirasi masyarakat untuk penambahan Puskesmas di Sakra Timur agar segera dibangun.

Dia menilai usulan penambahan fasilitas kesehatan di Sakra Timur ini masih belum ada kejelasan, padahal usulan tersebut telah setahun lamanya.

“Jika aspirasi kami tidak didengarkan, maka kami akan turun aksi kembali ke Kantor Bupati. Agar keinginan masyarakat Sakra Timur segera tercapai,” tegasnya.

Saat ini kata Usman, fasilitas kesehatan di Sakra Timur bukan lagi keinginan masyarakat, melainkan merupakan kebutuhan masyarakat, mengingat jumlah penduduk Sakra Timur semakin bertambah, namun kondisi Puskesmas saat ini dinilai belum memadai.

“Seringkali terjadi di Puskesmas saat ini tidak dapat menampung pasien off name, karena kondisinya yang sempit,” ucapnya.

Hal senada disampaika Ketua Forum Pemuda Mahasiswa dan Masyarakat (FPMM) Sakti, Muhammad Hamzani. Dia mendesak Bupati merealisasikan pembangunan puskesmas baru di wilayahnya.

“Kami aksi hari ini untuk menyampaikan aspirasi kami ke Bupati, agar masyarakat Sakra Timur tidak di PHP”, cetusnya.

” Pelayanan kesehatan yang baik dan lokasi yang dekat dengan masyarakat menjadi keinginan kita bersama, serta tercapainya peningkatan mutu kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Masa aksi kemudian ditemui Camat Sakra Timur, Muksin dan menandatangani tuntutan massa aksi. Kesepakatan itu diantaranya.

Pertama, Meminta Pembangunan Puskesmas Baru yang telah di usulkan ke Pemda melelui Forum Pemuda Mahasiswa dan Masyarakat Sakra Timur segera di bangun, karena kebutuhan masyarakat dalam pendekatan pelayanan kesehatan.

Kedua, Pembangunan Puskesmas baru, tersebut agar di bangun di tempat yang mudah di jangkau oleh masyarakat Sakra Timur.

Ketiga, meminta agar Camat Sakra Timur menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Bupati Lombok Timur. Lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.