Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dapat Bantuan Trandes, Dishub Lotim Prioritaskan Desa Terpencil

21

Purnama Hadi

SELONG, DS – Dinas Perhubungan Lombok Timur kembali akan memperbantukan Trasnportasi Pedesaan (Trandes) yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Lombok Timur, Purnama Hadi, bahwa dengan anggaran sebesar Rp 3,3 miliar, akan diperuntukkan bagi transportasi darat dan laut.

“Rencana untuk transportasi darat kita akan mengadakan 4 unit bis Elf. Yang akan kita perbantukan untuk desa-desa yang ada di pinggiran,” katanya, Selasa (16/02).

Sementara untuk transportasi laut juga akan dilakukan pengadaan kapal cepat (speed boot) sebanyak empat unit. Ini pun akan akan dibagi untuk wilayah pinggiran seperti Kecamatan Sambelia, dan Jerowaru.

Untuk wilayah selatan, masing-masing akan ditempatkan di Desa Ekas Buana dan Tanjung Luar. Sedangkan di wilayah utara akan ditempatkan di Desa Sugian, atau Dadap.

“Rencana satu akan kita taruh di Ekas untuk penyangga KEK. Dan satu unit akan kita taruh di Tanjung Luar untuk transportasi ke pantai pink dan wisata lainnya,” sebutnya.

Trandes yang diberikan bersifat sebagai bantuan bagi desa. Namun apabila dalam pemanfaatannya tidak dilakukan perawatan, maka Dishub akan mengambil bantuan tersebut untuk dialihkan ke desa lain.

“Tetapi apabila Desa tidak melakukan pemeliharaan, maka akan kami cabut,” tegasnya.

Purnama pun meyakini, pada bulan Maret mendatang bantuan trandes tersebut sudah bisa disalurkan ke desa-desa yang dimaksudkan. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.