Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Danrem : Petugas Terpadu agar Aktif Edukasi Tata Pasar Sesuai Standar Protokol Covid 19

59
Danrem memantau pasar

Mataran,DS – Dalam upaya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19 di NTB lebih khusus Kota Mataram, Danrem 162/WB meninjau dan memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di beberapa pasar di Kota Mataram.

Setelah sebelumnya meninjau pasar Pagutan, kali ini Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, didamping Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, S.sos. M.T, meninjau dan memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Pasar ACC dan Pasar Kebon Roek Kecamatan Ampenan serta Pasar Sayang-sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, Kamis (9/7/2020).

Ditiga pasar tersebut, Danrem 162/WB dan Dandim 1606/ Lobar memberikan sosialisasi dan imbauan serta pembagian masker dan sarung tangan kepada pengunjung dan pedagang sebagai upaya pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Dari pantauannya di beberapa pasar tersebut, Danrem melihat penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 belum dilaksanakan dengan maksimal terlihat dari penataan pasar yang belum sesuai dengan standar protokol Covid-19, lapak pedagang belum dikelompokkan berdasarkan jenis dagangan yang dijual sehingga mengakibatkan pengunjung kesulitan dan masih bolak balik mencari kebutuhan yang akan dibeli, namun secara umum masyarakat sudah cukup bagus dan disiplin menggunakan masker.

Terkait hal itu, Danrem mengimbau kepada semua pihak terkait dari TNI, Polri, Satpol PP, Disperindag dan Kepala Pasar agar bersama-sama turut serta secara aktif mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, lapak para pedagang ditata kembali baik jaraknya agar tidak berdempetan maupun jenis barang dagangannya agar dikelompokkan menjadi satu blok, sehingga dapat mempermudah pengunjung berbelanja sesuai kebutuhannya dan meminimalisir penyebab penyebaran covid-19.

“Kota Mataram sampai saat ini masih dalam zona merah dan pemerintah belum memberlakukan New Normal, oleh karena itu mari kita sama-sama dukung pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus ini,” ajak Danrem.

“Masyarakat sudah bagus menggunakan masker, tinggal pasar agar ditata yang baik, blok ikan semuanya ikan, sayur semuanya sayur, daging semuanya daging sehingga orang yang berbelanja jadi mudah,” tegasnya.

Selain itu, Danrem juga menekankan agar di atur kembali penempatan personel TNI, Polri dan Satpol PP di sektor-sektor strategis untuk menjaga dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan selama berlangsungnya aktivitas masyarakat di pasar.

“Danrem berharap Danramil, Kapolsek dan Kasat pol PP berkoordinasi pembagian sektor, semuanya terlibat ada unsur tentara, ada polisi, ada Satpol PP sehingga tugas kita menjadi ringan dan menjadi pahala buat kita kelak” ujarnya.

Di akhir pegarahannya, Brigjen Rizal Ramdhani mengingatkan kembali agar kita semua harus benar-benar fokus dan serius menangani covid-19 di Mataram, sehingga kita dapat mencegah penyebarannya dengan mengingatkan masyarakat sedini mungkin guna menekan atau meminimalisir kasus positif dan Mataram yang saat ini zona merah nantinya bisa menjadi kuning selanjutnya hijau dan kedepan kota Mataram siap memasuki New Normal.

Turut hadir mengikuti kegiatan tersebut Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, S,Sos, MT. Pasi Opsdim 1606/Lobar Mayor Inf Abdul Haris, SH, Pasilog Korem 162/WB Kapten Czi Nurbani, Danramil Ampenan Kapten Inf Jamuhur, S.Sos, Danramil 1606-01/Cakranegara Kapten Inf Asep Okinawa, Camat Cakranegara M. Erwan, SSTP, Lurah Sayang-sayang H. Mahfudin, Kepala Pasar Kebon Roek Sdr. Malwi, Kepala Pasar Sayang-sayang Bpk. Suandi serta anggota TNI-Polri dan Linmas.hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.