Berbagi Berita Merangkai Cerita

Danrem Minta Desa Siapkan Isolasi Khusus untuk Pasien

18

//FOTO. Danrem 162/WB bersama Bupati Loteng saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Loteng. (FOTO. Rul)

MATARAM, DS – Upaya penanganan dan pencegahan penyebaran dan meminimalisasi laju perkembangan virus corona terus dilakukan baik dengan penerapan protokol kesehatan maupun vaksinasi Covid-19.

Hari ini Kodim 1620/Lombok Tengah menggelar serbuan vaksinasi kepada masyarakat di Kantor Sekretariat Karang Taruna Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Senin (9/8).

Terkait dengan itu, Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, didampingi Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmanto melihat langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dihadiri Forkopimda Lombok Tengah, Direktur RSUD Praya, BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Forkopimca Praya Barat dan Kepala Desa Penujak.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 162/WB menyampaikan kehadirannya di Lombok Tengah dalam rangka memberikan motivasi dan support terhadap penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19, mengingat Lombok Tengah merupakan pintu masuk melalui bandar udara dan daerah pariwisata yang sangat diminati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Untuk itu, ia berharap agar TNI, Polri dan Pemda harus menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat mulai dari lingkungan, desa dan kecamatan.

“Tunjukan sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dengan mengajak tokoh agama dalam penerapan protokol kesehatan dan yakinkan masyakarat bahwa mereka sudah di vaksin,” tegasnya.

Jenderal Bintang Satu itu juga mendorong perawatan pasien Covid-19 secara terpadu dengan menyiapkan ruangan atau rumah khusus untuk isolasi terpadu, bukan lagi isolasi mandiri sehingga tenaga kesehatan dapat mengawasi dan memantau perkembangan kondisi pasien.

Selain itu, Ahmad Rizal juga menyarankan adanya Posko khusus penanganan Covid-19 sehingga informasi tentang kasus Covid-19 cepat ter update setiap saat untuk dilaporkan.

Sebelumnya Bupati Lombok Tengah H. Lalu Fathul Bahri menjelaskan persediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah masih kurang dan menunggu distribusi dari Pemerintah Pusat.

Bupati Loteng juga berharap agar suplai vaksin Covid-19 dari pusat lebih cepat sehingga pihaknya bisa langsung mendistribusikannya ke 8 Puskesmas yang ada di Lombok Tengah. Namun karena ada sesuatu hal sehingga pendistribusiannya sedikit terkendala.

Disela-sela peninjauan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Danrem 162/WB didampingi Forkopimda Lombok Tengah menyerahkan Sembako secara simbolis kepada masyarakat kurang mampu di desa setempat. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.