Berbagi Berita Merangkai Cerita

Danrem Ingin Generasi Muda NTB Miliki Karakter Berwawasan Kebangsaan

8

FOTO. Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmawan saat menyampaikan amanah Danrem saat membuka Persami Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Daerah TW IV Tahun 2020 di Bumi Perkemahan Karang Bayan, kemarin. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, diwakili Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmawan membuka Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Daerah TW IV Tahun 2020 di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (21/11).

Kegiatan Persami yang akan dilaksanakan selama dua hari kedepan diikuti sebanyak160 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika se-Pulau Lombok yang terdiri dari 4 pleton yaitu Pramuka SWK binaan Korem 162/WB, Kodim 1606/Lobar, Kodim 1615/Lotim dan Kodim 1620/Loteng.

Danrem 162/WB dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan Persami yang dilaksanakan kali ini dalam rangka  pembinaan Gerakan Pramuka Saka  Wira Kartika.

Dimana, selain melaksanakan kegiatan bersama. Hal ini untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan positif yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan agar tetap terjaganya persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan perkemahan ini sebagai wadah untuk mempererat hubungan tali silahturahim adik-adik Pramuka, sekaligus memupuk jiwa patriot dan membina semangat kebersamaan agar memiliki solidaritas yang tinggi serta berkarakter yang kuat dalam semangat membela bangsa dan negara,” kata Danrem dalam siaran tertulisnya, Minggu (22/10).

Danrem mengatakan, dengan diterbitkannya UU Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah sangat peduli dan perhatian terhadap pentingnya pendidikan kepramukaan bagi kaum muda.

Apalagi, Pramuka merupakan wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman/bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotisme dan memiliki kepemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan taat hukum.

“Maka dalam kegiatan ini, adik-adik Pramuka nanti akan mendapat pembekalan ilmu pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan, keterampilan navigasi darat, Pioneer, mountenering, survival serta kegiatan lainnya yang akan memotivasi adik-adik untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok,” jelas Danrem.

Melalui kegiatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB ini berharap, anggota Pramuka Saka Wira Kartika nantinya bisa menjadi kader dalam mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggal masing-masing.

“Jadilah remaja yang aktif, kreatif dan energik, jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat serta jauhi pergaulan bebas yang menjurus kepada hal-hal negatif seperti narkoba, seks bebas, terorisme dan hal negatif lainnya agar adik-adik dapat mempersiapkan diri dengan baik, untuk meraih cita-cita dan melanjutkan perjuangan para pahlawan menjadi pemimpin bangsa yang hebat dimasa yang akan datang,” tandas Danrem.

Sebelum mengakhiri amanatnya, alumni Akmil 1993 itu mengingatkan kepada para pembina dan seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut agar mengutamakan faktor keamanan dan tetap disiplin mentaati protokol kesehatan covid-19 dalam setiap kegiatan. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.