Berbagi Berita Merangkai Cerita

Danramil Bolo Amankan Puluhan Kayu Sonokeling

0 34

MATARAM, DS – Sebanyak 80 batang Sonokeling diamankan jajaran Danramil 1608-02/Bolo Kapten (Inf) Ibrahim bersama jajarannya, Sabtu (18/1). Kayu mewah bernilai ekonomi tinggi 10 x 10 cm dengan panjang 180 cm itu diduga diambil dari kawasan Hutan So Tuda Laju Desa Mpuri Kecamatam Madapangga Kabupaten Bima.

Danramil Bolo Kapten Ibrahim mengatakan, puluhan kayu yang diduga hasil kejahatan ilegal loging di kawasan hutan tutupan negara diamankan di watasan lahan pertanian warga setempat. Yakni, disepanjang jalan Tani Desa Mpuri Kecamatan Madapangga.

“Puluhan batang kayu yang ditutupi daun pohon jati tersebut diduga merupakan hasil penebangan liar di sekitar kawasan hutan tutupan negara oleh masyarakat yang sampai saat belum diketahui siapa pemiliknya,” ujar Ibrahim dalam siaran tertulisnya yang diterima wartawan, Minggu (19/1).

Setelah menerima laporan dari Babinsa, Danramil Bolo bersama anggotanya menuju lokasi penemuan kayu dan berkoordinasi dengan KPH Tofo Pajo Soromandi untuk mengamankan kayu temuan tersebut menggunakan truk milik KPH dan untuk sementara kayu diamankan di Koramil Bolo.

Sementara itu, Komandan Kodim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Teuku Mustafa Kamal membenarkan temuan puluhan kayu sonokling yang saat ini sudah diamankan di Koramil Bolo. Kata Dandim, penemuan puluhan batang kayu ini sebagai bukti masih maraknya kejahatan illegal logging yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab terutama di kawasan hutan.

“Ini contoh yang kurang bagus dan harus ditindak tegas dengan memberikan sanksi yang tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku sehingga menimbulkan efek jera bagi pelaku karena dampak yang ditimbulkan dari pembalakan hutan secara ilegal sangat besar bagi lingkungan sekitar tidak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan sebagian kecil oknum pelaku ilegal loging,” tegas Dandim.

Kedepan, pihaknya akan terus melakukan patroli bersama dengan pihak KPH maupun instansi terkait dan menindak tegas para pelaku yang tertangkap tangan melakukan tindakan ilegal loging demi menjaga dan menyelamatkan hutan agar tetap hijau dan asri.

Apalagi, Provinsi NTB telah menetapkan kebijakan kuota nol untuk kayu jenis Sonokeling. Yakni, setiap penebangan, pengangkutan, dan perdagangan kayu dapat dipastikan ilegal, sehingga masuk ranah pidana. RUL.

Leave A Reply