Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dandim Pimpim Pemasangan Baner Penerima Bantuan Gempa di KSB

21

FOTO. Aparat Danramil di KSB bersama Aparat desa tengah memasang baner pada warga penerima bantuan terdampak gempa tahun 2018. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Pemasangan baner data penerima bantuan dana stimulan rehab dan rekon rumah masyarakat terdampak gempa bumi tahun 2018 di KSB mulai dimasifkan. Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi memimpin langsung pemasangan untuk selanjutnya para Danramil melanjutkan instruksi Danrem itu untuk diteruskan pada para babinsa Jajaran Kodim di wilayahnya masing-masing.

Dandim 1628/SB mengatakan, pemasangan baner merupakan satu syarat yang harus dipenuhi sesuai arahan dan petunjuk dari kepala BNPB Pusat pada penerima dana bantuan gempa di NTB.

Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah pusat dan masyarakat. “Jadi pemasangan baner ini dapat menjadi kontrol sosial. Nantinya, masyarakat dapat mengakses langsung informasi untuk disesuaikan masing masing pokmas ditiap desa. Muaranya, agar meminimilisir terjadinya kesalahan data kedepannya,” kata Dandim dalam siaran tertulisnya, Minggu (29/11).

Ia mengatakan, pemasangan baner ini tak ubahnya adalah sikap untuk sama-sama mengajak masyarakat untuk bisa melakukan koreksi bersama. Sebab, konsentrasi pemda dan pemerintah pusat juga juga terbagi dengan adanya bencana non alam Covid -19.

“Kita ajak seluruh steakholder yang ada di Sumbawa Barat untuk berpartisipasi mengawal rehab dan rekon segera rampung. Makanya, kelengkapan administrasi sebagai salah satu syarat ini kita mulai lakukan secara masif,” ungkap Dandim.

Ia menyebutkan, pemasangan baner ini juga menjadi atensi Irtama BNPB di era keterbukaan. Hal ini sejalan dengan UU IT RI Nomor 19 tahun 2016. Dimaa, segala kebijakan program kerja yang dilaksakan pemerintah harus dapat di akses masyarakat.

“Dengan demikian, siapapun akan mendapatkan informasi yang jelas tidak menimbukan kesalahfahaman atau kesalahan dikemudian hari,” ucap Dandim.

Untuk diketahui 10 desa di KSB yang mulai melakukan pemasangan banner data penerima bantuan dana stimulan. Diantaranya, Desa Tepas dan Desa Beru, Kecamatan Brang Rea wilayah Koramil 01/Taliwang.

Selanjutnya, Desa Maluk dan Desa Bukit Damai, Kecamatan Maluk Wilayah Koramil 02/Sekongkang, Desa Seteluk Tengah dan Desa Tapir di wilayah Koramil 03/Seteluk, Desa Kokarlian dan Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano diwilayah Koramil 04/Poto tano, dan Desa Beru dan Desa Belo, Kecamatan Jereweh di Wilayah Koramil 05/Jereweh. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.