Menu

Mode Gelap

Dinamika · 20 Apr 2022 16:09 WITA ·

Dana APBN Rp 20 Miliar dan APBD NTB 10 Miliar untuk Penebalan Runway Bandara Sumbawa Dikucurkan


					FOTO. Ridwansyah. (FOTO. RUL/DS). Perbesar

FOTO. Ridwansyah. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Penebalan landasan pacu (runway) Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin dalam rangka menghadapi Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, bakal memperoleh dana bantuan dari pusat.

Tak tanggung-tanggung, dana senilai Rp 20 miliar sudah dialokasikan oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Dana senilai Rp 10 miliar sudah dialokasikan melalui APBD murni tahun 2022 sebagai dana pendamping alias cadangannya.

“Dari hasil koordinasi kami, anggaran senilai Rp 20 miliar masih berproses dan diperkirakan mulai dilaksanakan pada awal Mei untuk proyek pengerjaanya,” ujar Komandan Lapangan MXGP Samota, Ridwansyah pada wartawan, Rabu (20/4).

Menurut Kadis PU NTB itu, sebelumnya Menteri Perhubungan sudah berkunjung dan menyanggupi akan membantu mengembangkan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa. Karena dari panitia meminta agar bandara setempat bisa didarati pesawat jenis Boeing 737.

“Dengan waktu yang mepet ini tidak mungkin untuk memperpanjang runway, karena perlu pembebasan lahan dan segala macam. Yang mungkin adalah menambah ketebalan daripada runway itu sendiri. Tambah tebal 5 cm supaya mampu menahan beban didarati oleh pesawat sejenis Boeing. Misalnya pesawat Boeing itu muatnya 200-an orang, mungkin hanya bisa sampai 80 persen. Dikurangi, itu tidak ada masalah,’’ jelas Ridwansyah.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, salah satu syarat untuk dapat digelar MXGP, harus ada pembenahan infrastruktur bandara. Sementara dalam pembenahan bandara membutuhkan dana pusat yang begitu besar.

“Maksud kita itu kalau digolin pusat itu, ya jangan pusat sendiri dong misalnya dananya butuh Rp 100 mungkin pusat 80 atau 85. Sisanya sumbangan provinsi dan kabupaten sama sama sedikit, kira-kira begitu. Masa kita nggak mau ada acara di tempat kita, tidak mau kelihatan kontribusi itu namanya namanya aji mumpung,” jelas Gubernur.

Ia mendaku bahwa dana pusat itu akan turun bila mana ada dana pemancing dari daerah sehingga dana tersebut bisa digelontorkan.

Karena itu, lanjut dia, pemprov mengalokasikan anggaran dari APBD sebesar Rp 10 miliar sebagai dana cadangan yang digunakan untuk pembenahan bandara. “Mudah-mudahan terpakai, tapi kalau tidak terpakai ya alhamdulillah,” ucap Gubernur.

Ia menyatakan, para penonton dari berbagai daerah di Indonesia yang hadir saat gelaran MXGP dipastikan bakal cukup banyak. Karenanya, bandara tentu butuh ditingkatkan kapasitasnya agar pesawat dengan kapasitas besar dapat mendarat.

“Karena pesawat besar sekarang ini tidak bisa mendarat di bandara Sumbawa. Karena aspal bandara sangat tipis sehingga harus tingkatkan,” tegas Gubernur.

“Jadi, ketika event besar diselenggarakan di suatu daerah maka daerah tersebut dipaksa untuk berubah. Sehingga wajar kemudian pemda memperbaiki apa yang menjadi kebutuhan untuk mendukung gelaran event yang akan diselenggarakan. Termasuk, kita perbaiki bandara dan pelabuhan. Itu tugas kita. Maksud saya jangan sampai yang Rp 10 miliar diributin dulu padahal dari pusat saja belum turun. Kita sering di sini belum terjadi apa-apa sudah ribut kalau pusat sudah ketok baru nanti kita cari Rp 10 miliar, tapi sekarang kita ribut sementara di sana belum ada,” sambung Gubernur menjelaskan.

Ia menegaskan, bahwa pihaknya akan terus mencari sponsor untuk mendukung event gelaran MXGP. Hal ini agar tidak membebani anggaran dari APBD. “Ya kita juga cari sponsor. Jadi bukan dari APBD, tapi dari sponsor misalnya dari Pertamina. Pertamina juga punya kepentingan dia punya pabrikan juga, ada PT. Amman Mineral dan perusahan-perusahan yang lain,” tandas Gubernur. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jumlah Masjid di NTB Capai 9.996

15 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Ingin Sang Dewi Bersih dan Cantik, Kru Bank Panin Dubai Syariah NTB Gotong Sampah

15 Agustus 2022 - 19:07 WITA

Ternyata Bunda Niken Fasih Nyanyikan Lagu Daerah

13 Agustus 2022 - 18:59 WITA

Ribuan Kader PKK Ikuti Jambore dan Kelilingi Kota Dompu

12 Agustus 2022 - 15:22 WITA

Lombok Barat Juara 1 Turnamen Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 19:31 WITA

Kandaskan KSB, Lobar Berhadapan dengan Kabupaten Bima pada Laga Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 12:19 WITA

Trending di Dinamika