Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dampak Covid 19, Terjadi Penurunan Pendapatan Masyarakat

15

SELONG, DS – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur, Lalu Putradi mengatakan terjadinya penurunan pendapatan yang dialami oleh masyarakat Indonesia, akibat terdampak Covid-19. Hal itu dituturkan Putradi, saat dijumpai wartawan, Senin (20/07/2020).

Penurunan pendapatan pada masyarakat ini diketahui setelah dilakukan survey sosial demografi oleh BPS pusat pada bulan April lalu. Hasilnya, lebih dari 40% masyarakat yg disurvey mengalami penurunan penghasilan.

“41,91% responden mengaku mengalami penurunan pendapatan. Yang paling terdampak adalah penduduk penghasilan rendah. Yang berpenghasilan di bawah Rp. 1,8 juta perbulan, itu yag paling banyak dampaknya,” jelas Putradi.

Dari prosentase tersebut, diketahui ada tiga sektor yang paling terdampak. Yaitu sektor akomodasi dan makanan dengan presentase sebesar 76,84%. Sektor perdagangan 70,53%, dan sektor transportasi 62,60%.

Namun ditegaskan olehnya, angka tersebut merupakan angka Nasional. Dan tidak dilakukan rilis angka secara regional.

“Tapi ini bukan angka Kabupaten. Angka Nasional ya. Karena tidak disajikan dalam bentuk per Kabupaten/Kota. Karena samplenya khusus terkait Nasional,” ucapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.