Berbagi Berita Merangkai Cerita

Dampak Corona, PDAM Ringankan Pembayaran Air Pelanggan Selama 3 Bulan

0 71

SELONG,DS – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Lombok Timur akan membebaskan biaya pembayaran bagi pelanggan selama tiga bulan pemakaian. Namun, jenis pelanggan yang tidak akan dipungut pembayaran adalah pelanggan sosial, seperti masjid, pasar, mushola dan sejenisnya.

Sementara, untuk pelanggan umum akan diberikan keringan pembayaran berupa diskon sebesar 15% kepada rumah tangga kategori A, atau yang tergolong sebagai rumah tangga kurang mampu.

“Rumah tangga Aini jumlah pelanggannya hampir 10 ribu pelanggan. Dan diskon yang akan kita berikan sekitar 15 %. Semoga disetujui oleh Pemerintah,”kata Bambang Suprayitno, Direktur Utama PDAM Lotim, Selasa (14/04/2020).

Dikatakan oleh Bambang, PDAM Lotim mengambil langkah ini sebagai upaya turut membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan dampak bencana non-alam Covid-19. Setelah dilakukan perhitungan pendapatan PDAM perbulan, rencana ini telah diajukan kepada Bupati dan Asisten II Setdakab Lotim, selaku pengawas PDAM.

“Kita ajukan ke pengawas dan pak Bupati. Kita akan geratiskan dan diskon selama tiga bulan.Dari bulan April, Mei, dan Juni mendatang,”tuturnya.

Akibat kebijakan pengurangan pembayaran bagi rumah tangga golongan A, dan peniadaan pembayaranpelanggan sosial, diperkirakan olehnya, PDAM Lotim akan kehilangan pendapatan Rp. 200juta – Rp. 250 juta per bulan.

“Tapi biar bagaimanapun, dengan kondisi masyarakat seperti saat ini, PDAM ingin membantu. Terutama masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Pemberlakuan kebijakan tersebut berdasarkan instruksi Bupati, Himbauan DPRD, dan hasil koordinasi dengan dewan pembina PDAM Lotim. Setelah rapat pembahasan yang dilakukan pada hari ini, akan ditindak lanjuti dengan mengirimkan surat pengajuan kepada Bupati.

“Setelah kami rapat hari ini, suratnya akan kami ajukan ke Bupati. Yang kemudian kami akan sebar, dan tempel surat(pemberitahuan,red),di masing-masing lokasi pembayaran,”jelasnya. dd

Leave A Reply