Berbagi Berita Merangkai Cerita

Daftar di Aplikasi Silon KPU Tiga Paslon di Sumbawa, Bima dan Loteng Siap Maju Jalur Perseorangan

0 18

MATARAM, DS – Maju sebagai calon perseorangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bukan perihal gampang. Tugasnya lebih berat dari bakal calon yang diusung oleh partai politik.

Ketua KPU NTB Suhardi Soud mengatakan, meski banyak persiapan yang harus dilakukan oleh para calon perseorangan, khusus di NTB dari tujuh kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada pada tahun 2020, ada tiga daerah yang sudah para calonnya memasukkan syarat dukungan ke data ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pemilu.

Tiga wilayah itu masing-masing Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Bima dan Lombok Tengah. “Kalau wilayah lainnya. Termasuk, Kota Mataram masih sebatas rumors saja, karena nama calon perseorangan yang maju belum masuk ke Silon KPU Mataram,” ujar Suhardi menjawab wartawan usai diskusi Peran Pers dalam Menopang Demokrasi Elektoral di NTB bertajuk Refleksi tahun 2019 menuju Resolusi tahun 2020 di Kantor KPU NTB, Kamis (2/1).

Ia mengatakan, pada Silon KPU itu sistem yang diunggah itu berupa pengumpulan data dukungan berupa foto copy warga yang dijadikan syarat untuk maju, mengisi B. 1-KWK. Nanti persyaratan dukungan masuk ke aplikasi Silon KPU setempat.

“Untuk nama-nama paslon bupati dan wakil bupati yang mendaftar dari jalur perseorangan tidak bisa kita sampaikan ke publik karena masih proses input pada Silon KPU Kabuaten/Kota,” kata Suhardi seraya menjelaskan, khusus di Sumbawa terpantau sudah ada dua pasangan calon (Paslon) yang sudah mengajukan berkas pendaftaran. Sedangkan, di Bima ada satu paslon. Serta di Kabupaten Loteng ada satu paslon.

“Daftar nama mereka sudah masuk di aplikasi Silon KPU Sumbawa, Kabupaten Bima dan Lombok Tengah. Untuk daerah lainnya belum masuk datanya hingga kini,” tandas Suhardi Soud. RUL.

Leave A Reply