Berbagi Berita Merangkai Cerita

Cinta Indonesia, Valentino Rossi Ingin Jajal Sirkuit Mandalika

9.356

FOTO. Valentino Rossi saat bersama salah satu Umbereka Girl asal Indonesia(FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Indonesia memiliki tempat khusus di hati legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi. Pemilik sembilan gelar juara dunia itu pernah menjadi juara di Sentul dan sempat mengutarakan keinginan untuk membalap di Sirkuit Mandalika.

Valentino Rossi akan pensiun usai MotoGP 2021. Balapan GP Valencia akhir pekan ini akan menjadi penampilan terakhir The Doctor di ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Rossi memulai karier di dunia balap motor pada 1996 dengan terjun di kelas 125cc. Pebalap kelahiran Urbino, Italia, itu kemudian naik kelas ke 250cc pada 1998.

Usai menyabet gelar juara dunia 250cc pada 1999, putra dari mantan pebalap, Graziano Rossi, itu lalu tampil di kelas utama pada tahun berikutnya.

Berkarier di balap motor selama 25 tahun, Valentino Rossi berhasil meraih sembilan gelar juara dunia.

Valentino Rossi memiliki kedekatan dengan Indonesia. Pebalap yang identik dengan nomor 46 itu berulang kali berkunjung ke Tanah Air.

Sebagai pebalap, The Doctor punya kenangan manis di Sirkuit Sentul. Pada 1997 saat masih berlaga di kelas 125cc, ia sukses menjadi juara pada seri Grand Prix (GP) Indonesia.

Sirkuit Sentul menjadi bagian dari kesuksesan Rossi yang pada musim 1997 keluar sebagai juara dunia kelas 125cc.

Pada musim tersebut, The Doctor yang membela tim Aprilia tampil dominan dengan memenangi 11 seri. Salah satu kemenangan ia raih pada GP Indonesia yang merupakan seri ke-14.

Rossi menjadi juara dunia 125cc musim 1997 dengan nilai 321 poin, unggul 83 poin dari Noboru Ueda yang menjadi runner-up.

Valentino Rossi merupakan bintang MotoGP yang kerap berkunjung ke Indonesia.

Dilansir dari Grid Oto, Rossi kali pertama datang ke Indonesia pada 1996 untuk melakoni balapan kelas 125cc di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, kunjungan pertama The Doctor dengan status pebalap MotoGP terjadi pada pada 2009.

Dalam berbagai sumber yang dihimpun POS BALI dari berbagai sumber, pebalap kelahiran 16 Februari 1979 itu datang ke Indonesia pada Februari 2009.

The Doctor berkunjung ke Indonesia seusai menjalani tes musim dingin di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Pada saat itu, sejumlah agenda dilakoni Rossi di Tanah Air yaitu jumpa fans serta meluncurkan dua produk motor Yamaha, tim yang ia bela kala itu.

Di Indonesia, Rossi juga membuat iklan komersial untuk produk Yamaha bersama komedian ternama, Komeng. Iklan The Doctor bersama Komeng ini pun sangat ikonik dan masih diingat hingga saat ini.

Adapun, kunjungan terakhir Valentino Rossi ke Indonesia adalah pada 2019. Ketika itu, ia menyambangi Tanah Air bersama Maverick Vinales dan bos tim Yamaha, Lin Jarvis.

*Ingin Rasakan Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Valentino Rossi pun sempat mengungkapkan bahwa ia ingin kembali merasakan balapan di Indonesia.

Rossi mengungkapkan keinginannya itu tahun lalu, tepatnya pada sesi konferensi pers menjelang MotoGP Catalunya 2020.

Ketika itu, The Doctor mengatakan bahwa fans MotoGP di Indonesia sangat luar biasa dan ia berharap bisa tampil di Sirkuit Mandalika.

“Saya balapan di Indonesia, di Sentul, di kelas 125cc dan saya menang. Saya rasa itu (terjadi) pada tahun 1997. Setelah itu saya sering ke Indonesia karena ada kerja sama dengan Yamaha,” kata Rossi, dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (18/11).

“Gairah MotoGP di Indonesia luar biasa. Bahkan, fans kadang sulit untuk dikontrol,” imbuh pebalap yang kini berusia 42 tahun itu

“Saya sangat senang bisa akan berada di sana, karena kami akan sangat kencang dan sirkuit akan sangat menarik. Itu dibuat baru dari nol dan saya lihat denahnya akan dekat laut. Proyek yang baru dan saya berharap bisa datang,” sambung Rossi.

Namun, harapan Valentino Rossi untuk berlaga di Sirkuit Mandalika sebagai pebalap MotoGP tidak akan menjadi nyata.

Sebab, Rossi telah menyatakan bakal pensiun pada akhir musim ini. Sementara itu, Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan menggelar balapan MotoGP pada tahun depan.

Adapun, ajang balap motor dunia terdekat yang akan digelar di Sirkuit Mandalika adalah Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2021.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan menjadi tuan rumah seri ke-13 alias balapan penutup WSBK 2021.

WSBK Indonesia 2021 bakal digelar di Sirkuit Mandalika pada 20-21 November mendatang. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.