Berbagi Berita Merangkai Cerita

Cegah Virus Corona, Bandara Lombok Pantau Suhu Tubuh Penumpang

0 34

MATARAM, DS – Manajemen PT Angkasa Pura I (AP) Bandara Internasional Lombok (BIL) bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terus mengintensifkan pemeriksaan kesehatan penumpang, baik domestik maupun internasional, menggunakan alat pemindai suhu tubuh untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona ke NTB. Tidak hanya penumpang, para kru pesawat terbang juga tetap dipantau. Tujuannya untuk mengantisipasi adanya virus corona.

“Alat thermal scanner ini telah terpasang di area kedatangan domestik maupun area kedatangan internasional,” ujar Manager Komunikasi dan Hukum PT AP I BIL, I Nyoman Siang, menjawab wartawan melalui siaran tertulisnya, Selasa (4/2).

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan kepada para penumpang dengan menggunakan alat pemindai suhu tubuh tak hanya dilakukan di BIL, melainkan juga di 14 bandara lain di Indonesia yang dikelola PT. Angkasa Pura I (Persero).

“Pemeriksaan ini dalam rangka mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia,” kata Nyoman.

Menurutnya, pemasangan alat pemindai suhu tubuh berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang, jika terdapat penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh 38 derajat celsius atau lebih maka penumpang tersebut akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh KKP.

“Bukan berarti penumpang yang memiliki suhu tubuh 38 derajat Celsius atau lebih pasti terjangkit Virus Corona. Penumpang tersebut masih berstatus suspect yang akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut,” ucap Nyoman.

Selain penggunaan pemindai suhu tubuh, petugas bagian depan bandara juga telah diwajibkan untuk memakai masker, kacamata, dan sarung tangan saat bertugas.

“Monitoring juga dilakukan terkait kesiapan dan pelayanan personel KKP untuk memeriksa kesehatan penumpang. Selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan KKP terkait simulasi penanganan penumpang suspect Virus Corona sesuai dengan SOP yang telah disepakati,” tandas Nyoman Siang. RUL.

Leave A Reply