Cegah Perdagangan Orang, Polsek Seteluk Sambangi Warga Seran

Sosialisasi pencegahan TPPO

Sumbawa Barat,DS – Kepolisian sektor (Polsek) Seteluk, Polres Sumbawa Barat, melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan TPPO kepada warga binaannya. Sosialisasi pencegahan TPPO dilakukan pada Kamis, 21 September 2023, di Desa Seran, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S. Ik melalui Kasi humas IPDA Eddy Soebandi, mengatakan, kegiatan itu diikuti Kanit Binmas (AIPDA Nasrullah), bhabinkamtibmas Desa Seran (Ghaosil Rakhman). “Cara bertindak tim saat sosialiasi yaitu memberikan sosialisasi pemahaman dan membagikan brosur dan pamflet,” jelas eddy.

Kegiatan sosialisasi terkait pencegahan pengiriman PMI ke Luar Negeri yang tidak sesuai dengan prosedur (Ilegal). Tim pun memberikan informasi adanya penegakan hukum oleh Polri terhadap pelaku rekrutmen CPM ilegal berikut dampak PMI Ilegal dengan resiko tidak digaji, penempatan kerja tidak sesuai dengan yang dijanjikan, mengalami kekerasan, eksploitasi dll.

“Saya minta masyarakat tidak tergiur dengan uang saku yang diberikan oleh oknum sponsor. Informasikan apabila tidak memahami mekanisme pemberangkatan menjadi PMI legal, bisa meminta informasi ke Dinas Tenaga Kerja KSB,” jelasnya.

Lanjut Eddy peserta memahami dampak dari keberangkatan melalui PJTKI ilegal dan menjadi PMI Ilegal. Diharapkan peserta dapat meneruskan informasi ini kepada keluarga dan masyarakat sehingga tidak ada lagi yang menjadi PMI ilegal ke luar negeri.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.