Cegah Karhutla, Polsek Kute Turun Padamkan Api di Lahan Warga

Pemadaman api di lahan warga

Mataram, DS- Polsek Kute Mandalika melakukan pemadaman api yang membakar lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang dilakukan pemilik Lahan pada Senin (09/10/2023) pukul 12:35 Wita.

Lokasi lahan tersebut berjauhan dengan Sirkuit Mandalika dan di luar ITDC namun masih berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Kute, Iptu Kadek Suhendra, pembakaran lahan yang dilakukan pemilik lahan, Inaq Tanum, tersebut dalam rangka persiapan menghadapi musim tanam, dimana pemilik lahan bermaksud menanam jagung.

“Situasi saat ini api sudah berhasil dipadamkan oleh personel Polsek kute bersama warga masyarakat setempat,”jelas Kapolsek.

Disamping itu, petugas Polsek Kute juga memberikan imbauan kepada masyarakat dan pemilik lahan untuk sementara tidak membakar lahan karena dikhawatirkan akan meluas mengingat saat ini musim kemarau dan angin kencang sehingga dapat memicu kebakaran tersebut menjadi meluas.

“Situasi hingga saat ini kondusif dan masyarakat setempat telah menyadari hal tersebut tidak boleh dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” ujarnya.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.