Berbagi Berita Merangkai Cerita

Catat! Mulai Senin Depan, Tak Pakai Masker Langsung Didenda Rp 100 Ribu

43

SELONG, DS – Penegakan Peraturan Daerah (Perda) NTB Nomor 07 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular mulai efektif diberlakukan mulai hari Senin, 14 September 2020. Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, M. Juaini Taofik usai melaksanakan pembagian masker kepada pengguna jalan di taman kota Selong, Kamis (10/09/2020).

“Mulai tanggal 14 September itu pasti ada penindakan yang efektif. ASN ini dendanya lebih besar, kalau masyarakat biasa kan Rp. 100 ribu. ASN itu Rp. 250 ribu,” terang Taofik.

Penegakan Perda ini bukanlah bertujuan semata-mata untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun lebih menitik beratkan pada melindungi masyarakat dari paparan Covid-19 yang masih menyebar hingga saat ini.

Oleh karena itulah, maka seluruh unsur Forkopimda diterjunkan untuk membagikan 75 ribu masker kepada masyarakat. Bahkan, pembagian masker ini dilaksanakan secara serentak di 21 kecamatan yang ada di Lombok Timur.

“Tujuan perda itu kan bukan sebagai PAD. Tapi untuk mencegah keluarga kita terpapar Covid-19. Buktinya seluruh komponen dikerahkan untuk membagi masker,” kata Taofik.

Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah pusat untuk mewujudkan pemilu yang sehat dengan membagi masker. Meskipun Lombok Timur bukanlah daerah yang menggelar Pemilukada serentak 2020, namun dukungan langkah ini sebagai dukungan kepada kabupaten/kota lain yang akan menggelar Pemilukada di tahun ini.

“Lombok Timur kan tidak menyelenggarakan pemilu. Namun penting juga. Karena tetangga kita juga akan melaksanakan pemilu. Ada Lombok Tengah, Mataram, dan KLU,” ucapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.