BSK Samawa

Bulan Ramadhan, Bupati dan Forkompimda Lombok Timur Bayar Zakat Melalui Baznas

Bupati mengawali pembayaran zakat melalui Baznas

SELONG,DS – Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy dan Forkompimda membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur di Pendopo, Jumat (14/04/2023).

Bupati Sukiman didampingi Sekda Lombok Timur HM Juani Taofik menunaikan zakatnya dilayani petugas dari Baznas.

Lalu secara bergantian hal itu diikuti sejumlah forum koordinasi pimpinan daerah dan semua kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Tak hanya Bupati dan para ASN, para direksi dan karyawan BUMD, pengusaha dan masyarakat umum mempercayakan penyaluran zakatnya 2,5 persen melalui Baznas.

Di depan para Muzakki, Bupati mengajak agar secara tulus ikhlas menunaikan kewajibannya membayar zakat melalui Baznas. Bagi ummat Islam, katanya, ada dua kewajiban yang harus ditunaikan yaitu pajak sebagai kewajiban warga negara dan zakat sebagai seorang muslim.

“Saya mengajak semua yang hadir untuk mengikhlaskan penyaluran zakat ke Baznas untuk didistribusikan ke yang berhak menerima menurut ketentuan yang berlaku, “ajaknya.

Sedangkan, Ketua Baznas Lombok Timur Ismul Basar menyampaikan, tahun 2022 Baznas berhasil mengumpulkan zakat, infak dan Shodaqoh (ZIS) sebanyak Rp 14,39 miliar dari target Rp 18 miliyar.

Jumlah mustahil yang menerima sebanyak 15.934 orang secara lembaga maupun perorangan. Artinya Baznas turut andil membantu pemerintah dalam mensejahterakan rakyat melalui program Baznas yakni pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, advokasi, dakwah, dan ekonomi.

Hal tersebut, tegasnya selaras dengan UU Nomor 23 Tahun 2011 yaitu mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan. Ia menilai disamping zakat konsumtif, perlu zakat produktif juga untuk mengurangi kemiskinan di Lombok Timur.

Sejak awal Ramadhan ini, jumlah ZIS yang berhasil dikumpulkan telah mencapai Rp 1,4 milyar.

“Karena itu, kita berharap agar kewajiban membayar zakat dapat diselesaikan dengan cepat agar pada bulan Ramadhan semuanya berbahagia,” katanya.lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.