Berbagi Berita Merangkai Cerita

Bukan Berbagi Foto di Medsos, Tapi Inilah Makna Hari Ibu Menurut Bupati Lotim

0 17

SELONG, DS- Bupati H.M Sukiman Azmy didampingi Wakil Bupati H.Rumaksi. SJ. SH menghadiri puncak Peringatan Hari Ibu ke-91 yang dirangkaikan dengan HUT GOW ke-57 Tahun 2019 di Kabupaten Lombok Timur. Acara digelar di Pendopo Wakil Bupati Senin, (23/12). Hadir juga pada acara tersebut Forkopimda, Sekda Lombok Timur, Kepala OPD, Camat, Ketua TP-PKK, Dewan Penasehat GOW, Para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Lombok Timur, para sepuh wanita dan undangan lainya.

Bupati Sukiman dalam sambutannya mengingatkan substansi peringatan Hari Ibu bukan sekadar berbagi foto di media sosial, melainkan menjadi momentum untuk merenungkan hakikat perjuangan kaum perempuan yang telah dirintis sejak dahulu, termasuk salah satu titik pentingnya pada 22 Desember 1928, yaitu terselenggaranya kongres perempuan yang pertama di Kota Jogjakarta. Kongres ini menghasilkan sejumlah rekomendasi, di antaranya di bidang pendidikan, yaitu meminta Pemerintah Belanda agar memperbanyak sekolah, memberikan beasiswa serta pemberantasan buta huruf bagi kaum perempuan.

Menurut Sukiman, hal tersebut saat ini sudah terwujud di mana perempuan sudah memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Ini bisa dibuktikan dengan tidak sedikit Kepala Dinas maupaun UPTD di Lombok Timur yang dijabat oleh Perempuan.

Akan tetapi Bupati menyayangkan masyarakat termasuk kalangan ASN yang banyak terjebak dalam pernikahan siri, sehingga berdampak pada akses terhadap adminstrasi kependudukan maupun adminstrasi lainya. Karenanya Bupati mengajak Perempuan untuk melakukansosialisasi pentingnya legal formal dalam pernikahan, termasuk sosialisasi usia minimal untuk menikah.
Sementara itu kepada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bupati berpesan agar mampu menyelaraskan visi misi berbgai organisasi wanita yang ada di dalamnya. Diharapkan GOW mampu berperan aktif untuk menanggulangi berbagai persoalan yang ada di Lombok Timur. “Mari kita bersama-sama mengatasi kesulitan masyarakat Kabupaten Lombok Timur ini,” ajak Bupati.

Ketua DWP Lotim. Hj. Sukainah Rohman Farly selaku Ketua Peringatan Panitia Hari Ibu ke-91 dan HUT GOW ke-57 melaporkan berbagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-91 yang mengambil tema ”Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Kegiatan tersebut antara lain anjangsana ke empat panti asuhan dan lembaga Kesejahteraan Sosial anak (LKSA) dan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur menggelar bazar sembako. Di samping itu Sukainah juga menyebut GOW telah menyerahkan bantuan modal usaha kepada 6 UMKM binaan di Kabupaten Lombok Timur dan bantuan sembako kepada lansia.hm

Leave A Reply