Buka Layanan Pasien Umum, RSUD Kota Mataram Juga Sediakan Layanan Rumah

2 min read

MATARAM, DS – RSUD Kota Mataram segera membuka kembali layanan kesehatan, pengobatan dan perawatan untuk masyarakat umum dan peserta BPJS, pasca liburan Hari Raya Idul Fitri 1441 H mendatang.

Sebelumnya, sejak pandemi corona melanda dua bulan lalu, RSUD Kota Mataram berfokus pada penanganan dan perawatan pasien positif corona saja.

Direktur RSUD Kota Mataram, dr H Lalu Herman Mahaputra MH mengatakan, layanan kesehatan untuk masyarakat umum dan peserta BPJS ini kembali dibuka untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi warga masyarakat terutama warga Kota Mataram, NTB.

“Layanan umum dan BPJS akan kembali kita buka setelah lebaran ini. Masyarakat juga tak perlu ragu atau takut berkunjung ke RSUD Kota Mataram untuk berobat, karena kami tetap melakukan Protokol Covid-19 dalam setiap pelayanan,” katanya.

Pria yang akrab disapa Dokter Jack ini menjelaskan, seluruh tenaga medis di RSUD Kota Mataram sudah melalui Rapid Test dan semua aman tidak terpapar corona. Selain itu pihak RSUD Kota Mataram juga selalu melakukan proses screening bagi semua pasien yang datang berobat.

“Jadi berobat di RSUD Kota Mataram tak perlu ragu atau takut. karena tenaga kesehatan yang akan melayani sudah melalui proses screening. Begitu juga dengan masyarakat atau pasien yang datang berobat kami tetap lakukan screening ketat dalam penanganannya,” katanya.

Dokter Jack mengakui, sejak pandemi corona dan cukup banyak pasien positif yang dirawat, pihak RSUD Kota Mataram memang berfokus pada penanganan Covid-19. Hal ini menyebabkan layanan untuk pasien umum dan pesera BPJS seolah terabaikan.

Namun, saat ini penanganan Covid-19 di Kota Mataram sudah cenderung lebih stabil dan mengalami trend yang membaik. Setidaknya dari 165 pasien terkonfirmasi positif, saat ini yang sudaah dinyatakan sembuh mencapai 97 orang.

Pelayanan terhadap para pasien corona juga dilakukan di gedung khusus Mentaram, yang disiapkan untuk pandemi corona. Sehingga proses perawatan tidak akan mengganggu layanan umum yang ada.

Dokter Jack memaparkan, selain membuka kembali layanan umun dan peserta BPJS, pihak RSUD Kota Mataram juga membuka layanan kunjungan rumah. Di mana masyarakat yang membutuhkan pelayanan pengobatan dan perawatan bisa dilayani di rumah mereka, melalui program yang sudah ada di RSUD Kota Mataram saat ini. RUL.