Berbagi Berita Merangkai Cerita

BRI Selong Berlakukan Relaksasi bagi Nasabah Sesuai Peraturan OJK Nomer 11

0 49

SELONG, DS- Kepala BRI Cabang Selong, Bayu Adityo, mengatakan, pihaknya patuh pada Peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional. Dimana dalam peraturan tersebut, lembaga perbankan diminta untuk memberlakukan relaksasi pinjaman bagi nasabah yang terdampak bencana non-alam Covid-19. “BRI mengikuti ketentuan dari OJK selaku perwakilan pemerintah. Di lapangan, kita menjalankan ketentuan tersebut,” tutur Bayu, Selasa (21/04).

Namun, untuk mendapatkan layanan restrukturisasi ini, debitur diwajibkan untuk mengajukan permohonan kepada pihak bank. “Prosedurnya mengajukan ke Bank BRI, melalui pengurus acount-nya,” ucapnya.

Terhadap pengajuan tersebut, bank kemudian melakukan penilaian terhadap kondisi nasabah untuk menetapkan skala restrukturisasi yang diberlakukan. Menurut Bayu, penentuan restrukturisasi ini, tidak bisa dipukul rata. Karena, permasalahan antar nasabah satu dengan nasabah lainya, tentunya berbeda-beda.

“Kalau mereka nasabah kredit mengalami kesulitan dalam mengangsur, pasti kita akan sesuaikan penjadwalan angsuran. masing-masing debitur berbeda satu dengan yang lainnya. Harus dilihat case per case,” jelasnya.

Ia pun tak memungkiri kondisi pelaku UMKM Lombok Timur, yang mengalami penurunan omset akibat terdampak Covid. Sehingga, praktis peraturan OJK tersebut dapat diberlakukan bagi pelaku UMKM di Lombok Timur. Hanya pelaku usaha yang bergerak pada sektor penjualan bahan pokok yang masih relatif bertahan dibandingkan sektor lainnya.

“Kondisinya memang ada yang terdampak. Contohnya, yang jual baju, jual furniture, sudah kurang orang yang berbelanja,” sebutnya.

Ditegaskan oleh Bayu, pihaknya tidak menerapkan pola intimidasi dalam melakukan penagihan terhadap nasabah. Terlebih pada kondisi tanggap darurat Covid-19 saat ini. Dimana, kondisi dunia usaha ikut mengalami kelesuan oleh pandemi yang melanda dunia tersebut.

“Nggak boleh. Nasabah itu adalah mitra kita. Yang sama-sama harus kita dukung. Dikala mereka susah, ataupun kala mereka berjaya,” tegasnya. Dd

Leave A Reply