BPVP Pastikan Pelatihan Boarding dan Non Boarding Tetap Berjalan Selama Ramadhan

Selong, DS- Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur memastikan pelatihan boarding dan non boarding tetap berjalan selama bulan Ramadhan 1445 H.

Kepala BPVP Lombok Timur, Very Fahrudin mengungkapkan saat ini BPVP menjalankan 2 paket pelatihan boarding dan 8 paket non boarding.

“Saat ini kami jalan untuk pelatihan boarding-nya ada dua paket dan non boarding-nya ada delapan paket baik itu untuk kejuruan pariwisata, kejuruan pertanian dan juga untuk kejuruan listrik atau energi terbarukan,” ucap, Kamis (21/3/2024).

Dua paket boarding ini berisi 32 orang, satu paket terdiri dari 16 orang, sedang untuk paket non boarding berisi 8 paket yang terdiri dari 128 orang

“Jadi dua paket boarding 32 orang, kalau yang non boarding berarti 16 kali 8 yakni 128,” Paparnya.

Adapun pelatihan yang saat ini dijalankan ditargetkan selesai nanti sebelum Lebaran Idul Fitri 1445 hijriah ini. Nantinya juga akan diakhiri dengan pemberian sertifikasi bagi para peserta pelatihan.

“Dalam minggu ini pelatihan yang akan selesai itu tanaman buah, dan insyaallah juga akan dilanjutkan dengan sertifikasi,” katanya.

Soal sertifikasi dalam hal ini BPVP bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) tipe P2 BPVP Lombok Timur yang langsung dikordinir oleh Badan Nasional Lembaga Sertifikasi Profesi (BNLSP).

BPVP sendiri saat ini memiliki LSP P2 dari sekian banyak tingkatan LSP, seperti diantaranya P1, P2, hingga P3.

“Ada beberapa perbedaan p1 itu dia di SMK, SMA, hingga perguruan tinggi, sedang biasanya smk SMA perguruan tigi, sedang P2 itu dia bisa mensertifikasi yang dilatih di sini sama binaan UPTD binaan, jadi kayak BLK, LLK Selong dan lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pelatihan menanam buah ini juga mengambil beraneka ragam bibit, dari mulai anggur, alpukat, manggis, jeruk, dan juga jambu.

“Yang sudah mulai berbuah alpukat, manggis sama anggur, yang lainnya mungkin karena baru ditanam kan butuh proses 2 tahun sampai 3 tahun, tapi tetap kita ajarkan mulai dari pembibitan sampai nanti dia tumbuh tanaman,” katanya

Khusus bulan Ramadhan kata dia, tidak ada kegiatan spesifik misalkan selama puasa ini para tetap menjalankan pelatihan seperti biasa,”cuma kalau makan siang nanti biasanya di diganti buka, nanti ada ada takjil khusus dan makan malam dan juga sahur,”tandasnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.