Berbagi Berita Merangkai Cerita

BPPD Lotim Petakan Ragam Atraksi Wisata

71

M. Nursandy

SELONG, DS -Lombok Timur (Lotim) yang kaya dengan produk budaya kearifan lokal, harus diperkenalkan kembali ke halayak ramai. Mulai dari Jerowaru hingga Sembalun ditemukan titik- titik potensial produk khas daerah dari kuliner, kerajinan, seni budaya, dan adat istiadatnya.

“Kami dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim sedang menyusun sebuah peta atraksi ragam Seni Budaya. Insyaa Allah akhir bulan November usai kita susun dalam bentuk blue print,” kata Muhammad Nursandi, Ketua BPPD Lotim, Sabtu (6/11/2021), pada silaturrahmi dengan awak media Lotim, di Lesehan Sehati Selong. Kata dia, menampilkan atraksi merupakan suatu strategi untuk mengenalkan produk seni budaya di daerah Lotim.

Nursandi mengemukakan beberapa contoh atraksi yang sewaktu-waktu bisa dinikmati oleh para pencinta atraksi mulai dari Presean, Cilokaq, Gendang Beleq, dan lainnya. ” Atraksi tersebut, nantinya kita kemas dalam bentuk paket,” lanjutnya.

Nursandi menjelaskan, blue print tersebut akan disebarkan ke seluruh pemangku produk seni budaya dan adat istiadat di seluruh desa se Lotim. Di beberapa desa, kata dia, sesungguhnya sudah ada yang melakukan promosi lewat kegiatan tahunan. “Beberapa antaranya seperti Presean, acara aksi para penenun Sesek Kereng di Desa Pringgasela,” terangnya.

Sementara itu, Oktomi Harja, Ketua Pokdarwis Ahlulur Jari Desa Kembang Kerang, menyampaikan pihaknya telah menyusun sebuah paket perjalanan bagi Wisatawan ( yang melewati jalur Kembang Kerang) menuju Destinasi Wisata Desa Sembalun. Paket tersebut, kata dia, ada kegiatan kunjungan ke setiap acara kegiatan adat istiadat ataupun kegiatan yang bernuansa keagamaan.

“Yang jelas berisikan nilai- nilai pendidikan dan adanya penambahan wawasan kepada para wisatawan. Mereka kita ajak untuk mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan, kalau secara kebetulan pada saat itu sedang dilakukan warga masyarakat di wilayah kami Desa Kembang Kerang,” katanya (Kus).

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.