Berbagi Berita Merangkai Cerita

BPBD Lotim Gagas Bank Air Jerowaru

66

Foto Iwan Setiawan

SELONG, DS – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Iwan Setiawan memunculkan gagasan untuk membuat bank air demi mengatasi kekeringan di wilayah Kecamatan Jerowaru.

Bank air ini nantinya akan difungsikan untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Jerowaru. “Kita akan bentuk sistem lebih konfrehensif dengan membentuk bank air. Membentuk pos-pos dengan memetakan titik peletakan bank air itu,” kata Iwan, Kamis (15/10/2020).

Ia pun berharap, seluruh elemen dapat bersinergi untuk mewujudkan gagasan tersebut. “Saya harap bisa dikeroyok bersama seluruh stakeholder di Lombok Timur. Kami rasa ini polanya tidak muluk-muluk,” ujarnya.

Bank air ini berupa bak penampungan ataupun tandon dengan kapasitas 2400-5000 liter. Dengan keberadaan bank air ini, masyarakat akan leluasa untuk mengambil air, tanpa terpatok harus menunggu datangnya mobil tangki penyuplai air bersih yang dioperasikan BPBD.

“Pola bank air ini tidak dialirkan ke rumah penduduk, tapi masyarakat yang datang ke lokasi tandon. Silahkan didistribusikan dengan awig-awig yang ada di masing-masing dusun,” ucapnya.

Bak penampungan yang sudah ada saat ini juga harus dioptimalisasi dengan menambah kapasitas penampungan, ataupun memaksimalkan fungsinya yang terbengkalai.

Gagasan ini dimunculkan iwan lantaran prihatin melihat masyarakat yang datang mengambil air dari mobil tangki hanya menggunakan wadah kecil. Yang tentu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarga dalam sehari. Sementara mobil tangki BPBD hanya datang sekali sehari sesuai dengan jadwal pendistribusian.

“Jadi kami tidak perlu menunggu masyarakat minta di suplai. Posnya sudah ada, dan masyarakat tinggal ambil air yang sudah diisi di bank air,” terangnya.

Selain bank air sebagai solusi jangka pendek, memperbanyak saluran PDAM di Jerowaru, juga tetap harus menjadi prioritas daerah. Namun hal itu tentunya membutuhkan biaya yang besar dan jangka waktu yang cukup panjang dalam perwujudannya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.