Menu

Mode Gelap

Dinamika · 28 Jun 2022 16:55 WITA ·

Boat Desa Pedi Tode, Kabupaten Sumbawa Yakin Raih KLA 2023


					Boat Desa Pedi Tode, Kabupaten Sumbawa Yakin Raih KLA 2023 Perbesar

Sumbawa, DS-Asisten 1 Setda Sumbawa, Varian Bintoro, yakin daerahnya akan meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2023.

Hal itu dikemukakan disela-sela layanan anak terintegrasi di Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwes, Selasa (27/6). Hadir pada acara itu perwakilan Unicef Indonesia, M.Akbar, sejumlah pengurus LPA NTB dan seluruh OPD layanan yang dikerahkan untuk melayani kerentanan anak.

Acara diwarnai dengan pelepasan balon udara dan gerakan makan satu telur sehari. Dalam kesempatan itu Varian mengabsen seluruh OPD layanan yang ternyata hadir.

Asisten 1 Setda Sumbawa, Varian. Bintoro, mengatakan persiapan meraih KLA sudah dilakukan sejak tahun 2017. Bahkan regulasi dan kekompakan OPD sudah cukup maksimal untuk bisa menjemput KLA.
Langkah lain adalah diperbanyaknya taman bermain untuk anak. Pembangunan fasilitas yang mengarah pada anak itu diimbangi pula dengan mengentaskan kerentanan anak di desa, pembentukan forum anak dan maksimalkan sejumlah layanan.
Bahkan sudah dibentuk Pusat integrasi layanan perempuan dan anak sehingga berbagai persoalan yang mengintai perempuan dan anak mencoba diantisipasi.

Perwakilan Unicef Indonesia, M.Akbar, dalam kesempatan itu mengatakan persiapan yang dilakukan Sumbawa dalam boat desa Pedi Tode itu sebagai wujud kebersamaan untuk menjamin masa depan anak. Karena, 10 hingga 20 tahun kedepan anak anak inilah yang akan mewarisi generasi sekarang.

Dibentuknya Pusat Integrasi Layanan Perempuan dan Anak di Sumbawa dilakukan. kata dia, disebabkan mengasuh anak tidak bisa sendiri melainkan perlu bersama sama.

“Perlu kerja keras se kabupaten untuk mengasuh anak.
Pemerintah datang langsung memberikan pelayanan,” ujarnya seraya menambahkan
ketika bicara anak dinas yang hadir berkomitmen memberikan pelayanan sehingga ia
yakin mereka yang ada di lembaga ini akan menghandel semua.

Menurut Akbar, anak-anak berada dalam empat pengasuhan yang mengawal tumbuh kembang mereka, masing-masing keluarga, sekolah, lingkungan sekitar, dan sebagian besar berada di kehidupan maya.

Ketua LPA NTB yang diwakili Ketua LPA Sumbawa, M.Ikraman, memaparkan terkait kearifan lokal boat desa Pedi Tode yang menekankan pada kebersamaan dalam menyelesaikan masalah.

Sementara itu Kepala Desa Pelat, mengaku salut terhadap layanan terintegrasi terhadap anak di desanya. Melalui layanan ini pihak kabupaten mengetahui kondisi desanya dan masyarakat pedesaan diberikan pencerahan terkait persoalan anak.

Dalam kesempatan itu forum anak menampilkan berbagai atraksi hiburan yang menerima aplaus pejabat OPD dan masyarakat. ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jumlah Masjid di NTB Capai 9.996

15 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Ingin Sang Dewi Bersih dan Cantik, Kru Bank Panin Dubai Syariah NTB Gotong Sampah

15 Agustus 2022 - 19:07 WITA

Harlah Yayasan Daulatul Ummah Lotim, Pesan Wagub agar Jadi Orang Hebat

14 Agustus 2022 - 21:43 WITA

Ternyata Bunda Niken Fasih Nyanyikan Lagu Daerah

13 Agustus 2022 - 18:59 WITA

Kesadaran Berkorban, Itu Pesan Gubernur di Tanak Beak

12 Agustus 2022 - 15:47 WITA

Ribuan Kader PKK Ikuti Jambore dan Kelilingi Kota Dompu

12 Agustus 2022 - 15:22 WITA

Trending di Dinamika