Berbagi Berita Merangkai Cerita

BMKG Sebut Ada 12 Kali Gempa Susulan Terjadi Pascagempa 6,6 SR

0 11

MATARAM, DS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram mencatat sebanyak 12 kali gempa susulan terjadi pascagempa bumi dengan magnitudo 6,6 Skala Richter yang berpusat di Selatan Kota Denpasar, Bali pada sekitar Kamis (19/3) dini hari sekitar pukul 01.45 Wita.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan sebanyak 12 gempa susulan terjadi dengan magnitudo 2,9 SR hingga 4,7 SR. “Gempa bumi susulan sebanyak 12 kali untuk gempa bumi 19 Maret 2020, dengan magnitudo terbesar adalah 4.7 dan magnitudo terkecil 2.9,” ujarnya menjawab wartawan, Kamis (19/3).

Menurut Ardhianto, sejauh ini tidak ada laporan kerusakan pascagempa. Meski demikian, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi, dengan analisis mekanisme pergerakan turun (normal fault).

“Guncangan gempa dirasakan di Denpasar, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Kota Mataram IV MMI dan itu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah,” ungkapnya.

Gempa juga terasa di Kuta, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, Lombok Utara III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). RUL

Leave A Reply